Umpan Alami Ikan Jambal (Ikan Patin)


Ikan Jambal atau ikan patin merupakan salah satu jenis ikan berkumis yang dapat kita jumpai di Indonesia. Ikan patin juga merupakan salah satu jenis ikan monster air tawar, karena ikan yang juga populer dengan nama ikan jambal ini dapat tumbuh hingga bobot lebih dari setengah kwintal.
resep racikan umpan jitu alami ampuh ikan jambal atau ikan patin
pisang- salah satu umpan jitu ikan patin

Ikan Patin adalah ikan pemakan segala alias omnivora, karakternya hampir mirip dengan ikan bawal, yakni suka pilih pilih makanan dan kadang nyeleneh selera makanya. Maka dari itu dianjurkan membawa lebih dari satu macam umpan ketika memancing ikan patin.

Terlebih lagi jika anda memancing ikan jambal atau ikan patin di siang hari dan airnya sangat jernih. Selain dibutuhkan kesan ekstra juga dibutuhkan umpan yang jitu pula. Namun sebenarnya umpan alami tanpa perlu campuran atau essen pun cukup untuk menaklukan ikan patin. Berikut ini merupakan umpan patin atau jambal alami yang bisa anda coba dan sudah terbukti keampuhanya.

Jangkrik - dengan mata yang menyala di malam hari dan di dalam air, memudahkan bagi si Patin untuk menemukan umpan jenis ini. Cukup pasangkan 5-10 ekor jangkrik di kail sangat mudah untuk mendapatkan sambaran. Namun kekurangan dari umpan ini, kita tidak bisa menghindari sambaran dari ikan-ikan kecil seperti wader maupun ikan "kapal tanker" / sapu sapu.

Buah Kelapa Sawit

Saya belum pernah mencoba umpan satu ini. Karena cukup sulit untuk menemukan buah kelapa sawit di daerah saya. Namun, di grup grup mancing di facebook yang saya ikuti, banyak yang menggunakan kelapa sawit sebagai umpan ikan jambal. cara menggunakan kelapa sawit sebagai umpan pun cukup mudah, yakni cukup dengan memotongnya sebesar mata kail.

Apakah sudah terbukti? Untuk bukti keampuhan buah kelapa sawit dapat dilihat dari foto yang diunggah di grup grup mancing tersebut, foto ikan jambal atau pati hasil mancing mantap mantap.....

Pisang

Pisang sudah lama menjadi umpan primadona para pemancing ikan jambal, bukan hanya di kolam saja, namun pisang sangat jitu untuk mancing ikan patin besar di alam liar.  Pisang dapat digunakan untuk mancing ikan patin di sungai, rawa maupun danau. Selain itu, pisang juga cukup istimewa, karena pisang dapat digunakan tanpa campuran maupun diracik dengan umpan lainya.
 baca juga

Cacing

Jika air sungai sedang keruh, cobalah gunakan cacing sebagai umpan mancing jambal. Cacing merupakan salah satu umpan alami ikan jambal yang mudah di dapat.  Pilihlah jenis cacing berukuran besar, seperti cacing unthel atau cacing kalong.

Udang


Udang segar menjadi umpan yang cukup jitu. Namun jika udan sudah berubah berwarna kemerahan cukup sulit untuk memancing ikan patin. Maka dari itu anda sebaiknya membawa udang dalam kondisi hidup ketika memancing ikan patin.

0 Response to " Umpan Alami Ikan Jambal (Ikan Patin)"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *