Ikan Kembung - Umpan Mancing di Laut

Ikan kembung merupakan ikan laut konsumsi yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Ikan kembung merupakan nama bagi ikan laut yang termasuk kedalam marga Ratrelliger, suku Scombridae. Ikan kembung juga di kenal dengan nama ikan lema, ikan tatare , ikan banyar, ikan banyara dan ikan kembung banjar.
Ikan Kembung - Umpan Mancing di Laut, karangan, kapal, malahari, sianh hari pasiran
ikan kembung


Klasifikasi ilmiah
Kingdom:             Animalia
Filum:    Chordata
Kelas:    Actinopterygii
Ordo:    Perciformes
Famili:   Scombridae
Genus: Rastrelliger

Spesies
Rastrelliger brachysoma (Bleeker, 1851), kembung perempuan
Rastrelliger faughni Matsui, 1967, kembung
Rastrelliger kanagurta (Cuvier, 1817), kembung lelaki


Ikan kembung juga merupakan ikan pelagis bertubuh kecil yang banyak tersebar di perairan Indonesia. karena tubuhnya yang berukuran kecil, banyak yang tidak menyangka jika ikan kembung masih bersaudara dengan ikan tongkol, ikan tuna, ikan tenggiri dan ikan makarel. Bahkan ikan kembung biasa dijadikan umpan untuk mancing ikan ikan monster tersebut.

Ikan kembung yang masih hidup atau pun yang sudah mati dapat dijadikan umpan. Bagi para pemancing, ikan kembung lebih dikenal sebagai umpan yang istimewa, karena di sukai oleh ikan ikan besar. cara menggunakan ikan kembung sebagai umpan cukup mudah.

 Jika anda berburu ikan ikan besar seperti tengiri, tuna, giant travelly, barakuda dan lain lain, anda sebaiknya memasang umpan secara utuh. Namun jika anda ingin berburu ikan berukuran kecil sampai berukuran sedang sebaiknya menggunakan dagingnya saja.

Di Indonesia, setidaknya dapat dijumpai tiga jenis ikan kemung, yakni ikan kembung, ikan kembung laki dan ikan kembung perempuan.

Harga ikan kembung memang tidak semahal ikan tenggiri dan ikan tuna, namun karena permintaan pasar yang cukup tinggi dan jumlahnya yang cukup banyak menjadi komoditas penting bagi nelayan. Ikan kembung biasanya di jual di pasar dalam keadaan segar atau yang masih hidup biasanya dijual kepada para pemancing. Ada juga yang dijual dalam bentuk ikan asin atau pindang.


Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_kembung diakses pada tanggal 01/03/2017
^ a b Carpenter, Kent E. & Volker H. Niem. 2001. FAO Species Identification Guide: The Living Marine Resources of The Western Pacific. Vol. 6 : 3737-3739. Food and Agriculture Organization, Rome.
^ Carpenter & Niem. op cit. p. 3721-3722

0 Response to "Ikan Kembung - Umpan Mancing di Laut"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *