Ikan Betutu, si Gabus Malas

Betutu  merupakan jenis ikan yang memiliki nama latin Oxyeleotris marmorata. Ikan betutu dapat di temukan di perairan air tawar di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Di Indonesia, ikan betutu dikenal dengan berbagai nama yang berbeda beda di setiap daerah. Nama lain dari ikan betutu tersebut antara lain ikan bakut, bakutut, gabus bodoh, ketutuk, boso, boboso, belosoh, bodobodo, ikan bodoh, ikan malas, ikan hantu dan lain-lain.
 
ikan mahal, harga ikan betutu, manfaat ikan betutu
ikan betutu
Klasifikasi ilmiah
Kingdom  :    Animalia
Filum        :   Chordata
Kelas       :    Actinopterygii
Ordo        :    Perciformes
Famili       :   Eleotridae
Genus      :   Oxyeleotris
Spesies    :   O. marmorata

Nama binomial
Oxyeleotris marmorata

Bleeker, 1852

Sedangkan dalam dalam bahasa Inggris ikan betutu disebut dengan marble goby atau marble sleeper. Nama tersebut merujuk pada pola-pola warna atau motif yang terdapat pada tubuh ikan betutu yang mirip dengan batu pualam kemerahan. Ikan betutu juga di kenal dengan gabus malas, karena ikan ini terlihat jarang bergerak di siang hari.

Ikan betutu dikenal sebagai ikan nocturnal atau ikan yang aktif bergerak di malam hari. Di siang hari ikan betutu sangat malas dan lebih sering menghabiskan waktunya berdiam diri di dasar sungai atau danau. Ikan betutu dapat dijumpai di sungai, danau, rawa maupun waduk. Namun ikan betutu menyukai perairan yang dalam dan dengan arus tenang.

Ikan betutu atau ikan gabus malas dapat tumbuh hingga sebesar paha orang dewasa dengan panjang lebih dari setengah meter. Dengan kepala yang besar dan corak yang unik menjadi ciri khas ikan betutu. Karena coraknya tersebut dan harga ikan betutu yang cukup mahal membuat ikan betutu dijuluki sebagai ikan kerapu air tawar.

Ikan betutu pada umumnya berwarna coklat muda, coklat kemerahan dan coklat kehitaman, warna tersebut dipengaruhi oleh perairan dimana ikan betutu tersebut tinggal. Semakin deras arus air semakin cerah warna ikan betutu tersebut.

Ikan betutu dapat dibilang merupakan salah satu jenis ikan air tawar konsumsi dengan harga yang mahal. tampilan ikan betutu yang unik, sudah mulai langka di alam liar serta masih sedikit yang membudidayakan ikan betutu menjadi penyebabnya. Selain itu rasanya yang lezat serta kandungan gizi yang tinggi dengan berbagai manfaatnya membuat harga ikan betutu menjadi mahal. maka tak heran jika anda datang ke restran mewah terdapat menu berbahan utama ikan betutu.

baca juga


Walau manfaat ikan betutu tak sepopuler manfaat ikan gabus, ikan betutu tidak kalah bermanfaat lho. Seperti ikan gabus, ikan betutu juga memiliki kandungan protein albumin yang tinggi. Albumin membantu dalam proses penyembuhan dan pengeringan luka. Maka memiliki luka karena terjatuh, luka pasca operasi, luka jahitan, luka bakar , pasca melahirkan dan lain lain, menkonsumsi ikan betutu sangatlah dianjurkan.

Selain itu kandungan vitamin E pada ikan betutu dipercaya dapat membuat awet muda dan menjaga kesuburan organ reproduksi. Vitamin E tersebut juga dipercaya dapat membantu menyamarkan kerutan pada wajah dan menghaluskan kulit. Ssstttt konon katanya ikan betutu juga dapat meningkatkan vitalitas lho.


 referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Betutu diakses pada 28/02/2017

0 Response to "Ikan Betutu, si Gabus Malas"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *