Cara Mancing Ikan Tenggiri


Ikan Tenggiri merupakan ikan pelagis yakni ikan yang lebih banyak menghabiskan waktunya di permukaan air. Ikan tenggiri masih berkerabat dengan ikan  tuna, tongkol, madidihang, kembung dan makarel.

Cara Mancing Ikan Tenggiri
ikan tenggiri

Mancing Ikan tenggiri memang memiliki daya tarik tersendiri. Ikan tenggiri yang memiliki tubuh memanjang, dan memipih mirip dengan bentuk torpedo membuatnya berenang dengan cepat. Ya anggap saja ketika mancing ikan tenggiri kita menghadapi perlawanan torpedo.

Ikan tenggiri cenderung berada di permukaan air dan di tengah laut, jadi sulit untuk mancung tenggiri dari pinggir laut terutama dengan teknik mancing dari pinggir pantai atau pasiran. Walaupun bisa mancing ikan  tenggiri dari bukit karang di tepi laut atau Rock fishing, mancing ikan tenggiri lebih efektif di lakukan di lepas pantai atau tengah laut menggunakan kapal.

Berbagai teknik dapat di gunakan untuk mancing ikan tenggiri. Yang pertama yang akan dibahas adalah mancing tenggiri menggunakan umpan ikan. Ikan tenggiri dapat di pancing menggunakan umpan hidup maupun mati. Ikan belanak, ikan kembung, ikan tongkol dan sejenisnya dapat digunakan untuk mancing ikan tenggiri.

Hal yang harus di perhatikan dalam mancing tenggiri dengan teknik umpan adalah gigi ikan tenggiri. Gigi ikan tenggiri yang tajam dan dapat dengan mudah memutus senar pancing tentunya wajib kita waspadai. Kita dapat mengantisipasinya dengan menggunakan leader berupa kawat neklin.

Biasanya ikan tenggiri banyak berkumpul di tempat yang banyak ikan kecil. Ikan tenggiri sering kali menyambar di kerumunan ikan tersebut, dan tak jarang sampai melompat di atas air. Memancinglah di sekitar kerumunan ikan kecil tersebut. Anda juga bisa menyebar chumming berupa ikan ikan kecil agar ikan tenggiri berkumpul.

Sebernarnya teknik yang paling umum digunakan untuk mancing ikan tenggiri adalah teknik trolling. Teknik trolling yaitu dengan menyeret umpan tiruan menggunakan kapal. Anda dapat menggunakan softlure berukuran besar, spinner, metaljig, swimmer, minnow, bahkan ikan mati. Ikan tenggiri memang lebih menyukai umpan yang bergerak dan mengejarnya.

Agar senar tidak putus saat mancing ikan tenggiri perhatikan seettingan drag reel pancing anda. Ikan tenggiri merupakan ikan perenang cepat dan memiliki tenaga yang kuat. Jangan setel drag terlalu kencang, karena ikan tenggiri begitu menyambar umpan akan langsung berenang secepat mungkin.

Jadi jangan kaget ketika reel pancing anda berderit kencang. Apalagi ikan tenggiri dapat tumbuh hingga panjangnya lebih dari dua meter. Silahkan bayangkan sendiri sensasinya. Hehe.

Saat menghajar ikan tenggiri anda harus tenang, pelan tapi pasti. Sebisa mungkin ikan jangan sampai berbalik arah menuju kapal. Jika ikan bergerak dengan cepat menuju kapal segera gulung reel pancing anda secepat mungkin. Seringkali senar putus karena ikan berhasil menyusuk ke bawah kapal sehingga senar bergesekan dengan kapal atau baling baling kapal.

baca:

Ikan tenggiri berenang secara bergerombol, Jadi kemungkinan dapat ikan tenggiri dalam jumlah banyak pun besar.


Kenikmatan mancing tenggiri bukan hanya saat memancing ikan tenggiri saja, akan tetapi juga saat menyantapnya. Ikan tenggiri memiliki harga yang cukup mahal, maklum saja ikan tenggiri memiliki rasa yang lezat. Di Indonesia ikan tenggiri di olah menjadi ikan kering, kerupuk , somay dan yang paling terkenal ikan tenggiri di olah menjadi pempek pempek.

0 Response to "Cara Mancing Ikan Tenggiri"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *