Umpan Mancing Bandeng Liar

Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang populer di Indonesia. Siapa yang tidak tahu bandeng presto? Tentu tahu bukan. Hehe.

Mancing bandeng biasanya di lakukan di tambak ikan bandeng. Ya ikan bandeng di alam liar hidup di air payau. Tapi tahu kah anda kini ikan bandeng liar juga hidup di air tawar. Contohnya saja di waduk sermo, kini kita dapat mancing bandeng liar di sana.
Umpan Mancing Bandeng Liar
Ikan Bandeng

Mancing bandeng liar memang lebih sulit dibandingkan dengan mancing bandeng di tambak. Tantanganya adalah ikan bandeng merupakan ikan yang sensitif dan pemalu, makan faktor umpan dan alat pancing mancing bandeng liar sangat  menentukan keberhasilan mancing bandeng liar. Namun kepuasan yang di dapat dari mancing bandeng liar tentunya sebanding dengan tantangan yang harus kita lewati.

Untuk mancing bandeng liar, alat yang digunakan sama dengan mancing ikan belanak dengan teknik dasaran. Yakni joran dengan ujung lentur dan panjangnya antara 160 cm hingga 210 cm. Gunakan reel pancing atau kerekan dengan ukuran di bawah 2000. Anda juga bisa menggunakan joran tegek jika spot memungkinkan, tentunya joran tegek juga akan memberikan sensasi lebih ketika menghadapi perlawanan ikan bandeng liar.

Untuk senar yang digunakan untuk mancing bandeng liar di rekomendasikan untuk menggunakan senar monoline dengan ukuran antara 0.18 mm sampai dengan 0.25mm. Pastikan senar memiliki warna yang sesuai dengan warna air.

Gunakan teknik mengambang yakni antara 10 cm sampai 20 cm dari permuka air. 

Seperti yang saya bilang tadi faktor umpan memang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan mancing bandeng liar. Berikut ini merupakan beberapa pilihan umpan yang bisa anda gunakan, tentunya disertai tips dan trik agar ikan bandeng liar mau makan.

Lumut
Lumut menjadi umpan andalan bagi pemburu bandeng liar di waduk Sermo. Tentu saja bukan lumut sembarangan yang digunakan untuk mancing bandeng liar. Bandeng liar menyukai lumut halus, yaitu lumut dengan tekstur halus. Jenis lumut lainya yang disukai ikan bandeng adalah lumut batu.

Lumut batu biasanya dapat dijumpai di sungai sungai di pegunungan dengan dasar bebatuan. Lumut halus menempel pada batu, bertekstur halus dan sedikit berminyak.

Bagaimana jika tidak ada lumut halus? tenang, anda masih bisa menggunakan lumut yang bertekstur kasar, tetapi ada triknya, Yakni dengan menambahkan garam pada lumut sehingga lumut mati dan teksturnya menjadi halus sebelum digunakan.

Jika mancing di air tawar mungkin ikan melem, wader, mujair dan nila juga akan umpan anda. Kuncinya ya berdoa dan pemilihan spot yang tepat agar ikan target yakni ikan bandeng liar yang makan umpan.

baca :

Pelet Ikan

Pelet yang digunakan untuk mancing bandeng liar tentunya pelet ikan bandeng. Umpan pelet sangat cocok untuk mancing ikan bandeng di kawasan muara. Anda dapat menambahkan kuning telur pada pelet agar ikan bandeng liar lebih galak. Akan tetapi penambahan kuning telur tidak disarankan jika pada spot terdapat banyak ikan baung atau luthok/ keting/ kating. Bau amis dari telur tentunya juga akan memangggil ikan ikan tersebut yang notabene menyukai umpan amis.

Cara menggunakan pelet untuk mancing bandeng liar pun cukup mudah, yakni dengan menghaluskan pelet dan menambahkan air hangat secukupnya sampai tekstur pas.

Roti

Roti yang digunakan untuk umpan mancing bandeng liar adalah roti tawar. Roti tawar merupakan umpan bandeng liar yang sederhana akan tetapi sudah cukup terkenal keampuhanya untuk mancing ikan bandeng.

Sama seperti pelet, ada bahan tambahan yang dapat kita gunakan untuk menarik perhatian ikan bandeng liar. Bahan tambahan tersebut yaitu terasi atau telur. Silahkan pilh salah satu dan campurkan dengan roti tawar sebagai umpan.


0 Response to "Umpan Mancing Bandeng Liar"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *