Cara Memperbaiki Drag- Reel Pancing Spinning

Drag merupakan salah satu bagian rell yang sangat penting. Drag berfungsi mengatur tekanan senar yang keluar dari spoll. Banyak pemancing yang belum tahu fungsi drag pada reel. bagai mana dengan anda? jika belum tahu anda bisa membacanya di blog ini.

Cara Memperbaiki Drag- Reel Pancing Spinning
Cara Memperbaiki Drag- Reel Pancing Spinning

Drag memiliki fungsi yang amat penting, jadi jika drag rusak atau macet harus segera di perbaiki. Ya bisa kebayangkan jika drag macet atau tidak lancar ? ya senar akan putus jika tekanan tiba tiba melebihi kekuatan senar.


Meperbaiki drag bukan hal yang susah dan sangat seimple, pasti anda dapat melakukanya sendiri dirumah. yang di butuhkan hanya cairan pembersih karat atau anda dapat juga menggunakan bensin. dan juga di butuhkan pelumas berupa oli atau grease. Saya sendiri lebih suka menggunakan grease atau vaselin yang bisa di dapatkan di toko pancing atau bengkel terdekat.


Untuk melancarkan putaran drag kita dapat memberihkan drag dan memberinya pelumas. Pertama lepaskan spool dari reel. Lalu buka kawat pengunci drag pada spool, bisa anda lihat pada gambar dibawah ini. Sesudah itu lepas bagian drag satu persatu dan perhatikan urutanya. jangan sampai tertukar posisinya, anda dapat mengambil fotonya terlebih dahulu agar tidak lupa posisi tiap bagian drag reel spinning tersebut.




Setelah itu bersihkan spool dan tiap bagian drag tersebut. Anda dapat menggunakan cairan penghilang karat atau bensin untuk memberihkan tiap bagian drag. Setelah selesai susun tiap bagian drag kembali.  Beri pelumas di setiap komponen drag sebelum di pasang. Setelah selesai dan sudah di pastikan urutan atau susunan komponen drag sudah benar pasang kembali kawat pengunci drag.. Dan silahkan di uji coba sebelum rell digunakan. 



Mudah bukan? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan drag reel kesayangan anda . oiya langkah memperbaiki drag di atas berlaku untuk reel model spinning.






6 Responses to "Cara Memperbaiki Drag- Reel Pancing Spinning"

Unknown said...

Kalo ganti leheran yg buat nyanbung ke joran apa bisa?punya ku patah mas soalnya..trims

Kailbayu said...

untuk mengganti sepertinya tergantung merk rell tersebut. namun, anda dapat mencoba menyambungnya menggunakan lem, kemudian perkuat sambungan tersebut dengan mengapitnya dengan logam. anda dapat menggunakan paku atau gagang sendok yang di potong sesuai dengan ukuran reel pancing anda. kemudian lilitkan senar untuk memperkuatnya.

jundan arif said...

Untuk mencopot laher gimana ya?
Apa dipukul , takut salah prosedur, nuwun

Kailbayu said...

Dikasih minyak pelumas atau oli, pastikan laker dan reel pancing benar benar bersih.. kemudian bisa dipukul pelan pelan. Sedikit demi sedikit

Agus said...

Gmn cara menghilangkan reel saya yang kalau dipake narik berbunyi kasar. Makasih

Kailbayu said...

untuk reel berbunyi kasar, biasanya ada dua kemungkinann. bearing/ laker sudah aus/ rusak atau pelumasnya sudah habis. jadi lebih baik reel tersebut dibongkar dan dicek laker/bearingnya. setelah itu diganti kalau sudah rusak. jangan lupa beri belumas berupa vaseline pada gearnya dan oli pada bearingnya

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *