Cara Merawat Joran Kesayangan

Joran merupakan alat utama dalam memancing setelah kail dan senar. Selain agar mendapat lemparan yang jauh atau dapat menjangkau titik spot memancing yang diinginkan, joran juga berfungsi untuk mempermudah dalam menghadapi perlawanan ikan.

Cara merawat joran kesayangan

Harga joran memang tidak murah dan kian hari terus saja meningkat. maka sayang kalau sampai joran kesayangan tak terawat, apa lagi sampai rusak. berikut ini merupakan langkah langkah dan tips merawat joran anda.

Seperti halnya dengan cara merawat reel pancing, hindari benturan pada joran. Gunakan tas saat membawa joran dan jangan lupa lepas reel dari joran. 

Ketika memancing dan meninggalkan joran, istilha jawanya manjer posisikan joran sebaik mungkin dan dalam posisi kuat. Jika anda menggunakan reel pancing, pastikan drag  reel pancing anda jangan terlalu kencang. Agar joran tidak terjatuh atau terbentur ketika ada tarikan dari ikan yang kuat. Jangan sampai joran masuk ke air terbawa oleh ikan.

Cara merawat joran selanjutnya adalah hindari joran terkena air ketika memancing. Air akan akan menyebabkan korosi pada cat maupun ring guide pada joran, terutama air yang mengandung garam seperti air air laut dan air payau. Setelah memancing jangan lupa cuci joran dan di keringkan sebelum menyimpan. cara mengeringkan joran cukup dengan di lap dan di angin anginkan sampai kering, tidak perlu di jemur di bawah terik sinar matahari.

cara merawat joran diatas sangat penting, terutama jika ring guide paan anda masih terbuat dari besi. besi sangat mudah berkarat. kasus yang sering terjadi adalah keramik pada ring guide  copot atau malah ring guide patah. bIsa anda bayangkan jika ring guide patah saat menghadapi perlawananan ikan. jika keramik pada ring guide copot pastinya akan merusak senar. 

Jaga kebersihan joran. jangan letak kan joran sembarangan karena debu atau pasir akan merusak joran. Terutama jika joran anda  adalah tipe antena. Kotoran yang masuk akan merusak joran dan akan susah untuk di panjangkan. Jika ada debu atau pasir yang masuk pastinya joran anda akan lecet lecet. Lap dengan kain sebelum di pendek kan.

langkah merawat joran diatas bukan hanya berlaku untuk tipe antena, tetapi untuk semua tipe joran. Misal joran anda tipe sambung atau stick, maka debu akan membuat kendor pada sambungan. Jika sambungan kendor maka akan mudah terlepas ketika di gunakan untuk melempar umpan.

Gunakan pemberat , umpan palsu atau senar sesuai spesifikasi joran. Biasanya sudah tertulis batas maksimal penggunaan senar, umpan maupun pemberat pada joran. Jangan melebihi batas maksimal tersebut, karena akan berpotensi merusak joran pancing kesayangan anda

0 Response to "Cara Merawat Joran Kesayangan"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *