Fungsi Drag pada Reel



cara merawat reel pancingMungkin ada yang belum tahu fungsi drag pada reel pancing. Berikut ini saya akan sedikit berbagi serba seri tentang fungsi drag dan apa itu drag pada reel pancing yang saya ketahui. Dan juga mengenai pengertian Mac drag pada reel.

Di reel biasanya dicantumkan keterangan Max drag. Apa itu Max drag? Max drag yaitu kekuatan maksimal drag dalam menahan spool  pada rel agar tidak berputar. Misalnya tertulis keterangan  Mac drag = 10kg. Jadi drag mampu menahan spool pada reel agar tidak putar hingga kekuatan 10 kg. Jadi bagai mana jika kekuatan ikan lebih dari 10 kg? Spool pada reel ala otomatis berputar mengeluarkan senar.


Memang tidak semua reel tertulis keterangan max drag.  Biasanya hanya reel dengan Merck ternama serta berkualitas yang menyantumkan keterangan tersebut.

Terus apa fungsi drag?

Drag dapat kita gunakan untuk melawan ikan. Misalnya kita menggunakan senar kekuatan 5kg, sedangkan ikan yang memakan umpan kita lebih dari 5 kg, belum ditambah adanya arus serta kekuatan ikan sebenarnya melebih berat ikan itu sendiri. Bahkan kekuatan ikan dapat berlipat lipat dari berat ikan itu sendiri. Kita dapat mengatur drag dengan kekuatan di bawah 5 kilogram. Senar akan terus keluar ketika ikan menarik dengan kekuatan di atas kekuatan drag. Sehingga senar tidak akan putus kecuali oleh faktor eksternal. Dengan adanya fungsi tersebut kita dapat menghajar ikan sampai ikan kelelahan dan kehabisan tenaga.

Drag juga dapat kita manfaatkan ketika pancing kita tinggal. Mungkin anda pernah mendengar ada pancing yang dibawa ikan masuk ke sungai atau laut ketika ditinggal pemiliknya. Istilah bahasa jawanya  dipanjer. Untuk itu Setel drag dengan kekuatan rendah sehingga reel tidak akan tercebur sungai atau danau.


Bagi pemancing pemula mungkin tidak mengerti apa fungsi drag itu sendiri. Saya sendiri dulu sering mengatur drag dengan kekuatan maksimal dan melebihi kekuatan senar itu sendiri. Akibatnya ya sering senar putus ketika menghajar ikan.


Drag juga bersungsi sebagai pengaman ketika kita memancing, terutama ketika kita memancing di tebing (Rock fishing / karangan) atau di kapal. Setel drag dengan kekuatan rendah, jadi ketika kuda kuda kita belum siap dan tiba tiba umpan kita dimakan ikan besar, kita tidak akan ikut tertarik ikan. bayangkan jika kita memancing di atas tebing. Berbahaya sekali Kie hal tersebut terjadi. Apa lagi bagi pemancing yang tidak bisa berenang.

0 Response to "Fungsi Drag pada Reel"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *