Cara Merawat Rell Agar Awet

cara merawat reelReel pancing merupakan salah satu alat pancing yang menurut saya sangat penting. Maka dari itu perlu di rawat sebaik mungkin agar awet. Terutama jika reel pancing tersebut harganya mahal atau reel kesayangan anda.

Berikut ini merupakan tips merawat rell agar awet . 

langkah pertama untuk merawat reel pancing adalah perawatan dalam membawa reel. Hindari reel pancing mengalami benturan keras. Lebih baik lepas dari joran dan tempatkan pada tas saat membawa reel. Terutama reel yang bodinya belum terbuat dari metal. Akan sangat rawan rusak jika mengalami benturan. Selain itu, benturan juga kemungkinan besar menyebabkan reel lecet atau tergores.

Hal lainya dalam merawat reel adalah hindari air. Bukan berarti reel tidak boleh sama sekali menyentuh air. Hanya saja jangan sampai reel terjatuh kedalam air terutama air laut. Jika air masuk kedalam reel, selain grease dan minyak pelumas didalam reel akan hilang, kemungkinan reel macet pun sangat besar terutama untuk rell yang ball bearingnya belum stainles. Ball bearing yang masih terbuat dari besi mudah berkarat dan macet ketika terkena air. Jika ballbearing macet maka reel tidak dapat berputar alias rusak.

Cuci reel dengan sangat hati hati. jangan sampai air malah masuk kedalam reek. Jika tidak terlalu kotor, cukup lap reel dengan kain basah lalu di keringkan. Dalam mengeringkan reel tidak perlu di jemur di bawah sinar matahari, Cukup di lap menggunakan kanebo atau kain kering lalu di angin anginkan saja. 

Jaga kebersihan reel kesayangan anda. Menjaga kebersihan reel sangat penting untuk merawat perfoma reel. Jangan taruh reel sembarangan, terutama bagi pecinta surf fishing atau pasiran. Di mana lokasi memancing yaitu di pantai penuh dengan debu dan pasir. Kotoran atau pasir yang masuk  ke dalam reel akan merusak gear atau ball bearing. 

Cek pelumas reel anda secara berkala.. Langkah merawat reel satu ini sangat penting di lakukan terutama jika reel akan di gunakan untuk menghadapi ikan besar. Pelumas reel dapat berupa grease maupun oli. grease berfungsi untuk melumasi bagian gear dan bagian mesin utama lainya. sedangkan oli di gunakan untuk melumasi bagian ball bearing agar dapat berputar dengan lancar.

Jika baut reel anda masih terbuat dari besi dan belum anti karat, anda dapat mengecatnya. Anda bisa menggunakan cat berwarna clear agar warnanya tidak berubah. Anda juga bisa menggunakan lilin, jadi baut reel tidak akan berkarat. Jika baut reel berkarat maka akan susah untu di buka jika terjadi kerusakan atau akan melakukan pengecekan secara berkala.

0 Response to "Cara Merawat Rell Agar Awet"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *