Cara Memperbaiki Line Roller Macet


Sudahkah anda mengecek line roller reel pancing kesayangan anda? ya biasanya bagianline roller ini memang luput dari perhatian para pemancing. coba sekarang anda cek line roller reel kesayangan anda, apakah masih berputar dengan lancar atau sudah macet? 


cara memperbaiki reelLine roller merupakan salah satu bagian rell yang memiliki peran yang sangat penting. Ketika line roller macet maka akan sangat berpengaruh pada senar dengan kata lain merusak senar. Terutama line roller yang terbuat dari bahan metal. Biasanya line roller dengan bahan metal akan aus/membentuk garis akibat gesekan dengan senar. Jika sudah terlalu dalam lebih baik diganti.

Apalagi jika anda menggunakn senar jenis PE atau braided line berdiameter kecil. Line roller akan lebih cepat aus. Selain itu jika reel di gunakan untuk casting dengan umpan palsu yang berat atau sering digunakan untuk menghadapi perlawanan ikan besar maka line roller cepat aus dan perlu untuk diperbaiki.

jika line roller sudah terbuat dari keramik mungkin tidak akan terlalu berpengaruh jika line rollernya macet. Akan tetapi jarang line roller yang terbuat dari keramik, biasanya hanya terdapat pada reel pacing dengan harga yang mahal.


Jika line roller sudah macet atau berputar tidak lancar hal yang pertama harus dilakukan adalah membersihkan line roller tersebut.

Untuk membersihkan bagian dalam line roller anda harus melepas line roller terlebih dahulu. Pertama buka  baut line roller kemudian lepaskan dari reel dan bersihkan dengan bensin atau cairan pembersih karat sebelum ball bearing di lepas. Biasanya ball bearing sulit di lepas apalagi jika kotor atau berkarat

jika sudah, lepaskan ball bearing. jika ball bearing masih bagus dan dapat berputar dengan lancar cukup bersihkan dengan cairan pembersih karat atau bensin. Lalu jangan lupa di beri pelumas berupa oli sebelum di pasang kembali.

Jika ball bearing macet bisa diganti atau kalau masih lancar cukup dberi minyak pelumas. Saya saran kan jangan menggunakan oli bekas. Karena kotoran dalam oli bekas dapat menambah kerusakan pada ball bearing.

Begitu pula dengan line roller itu sendiri, jika sudah aus lebih baik de ganti dengan line roller yang baru.

0 Response to "Cara Memperbaiki Line Roller Macet"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *