Cara Membuat Lure WTD dari Kayu

Hai guys... kali ini kailbayu akan berbagi tips trik membuat umpan tiruan dari kayu. Untuk tips cara membuat umpan tiruan atau umpan palsu (lure) pada kesempatan ini adalah jenis lure WTD (walk the dog). Seperti namanya, lure wtd memiliki action Zig zag seperti anjing yang sedang jalan jalan.
sketasa design dan Cara Membuat Lure WTD dari Kayu
lure wtd

Bagi anda pemburu ikan hampala atau ikan palung dan ikan masher mungkin sudah tidak asing dengan lure satu ini. Karena lure wtd memang lebih sering digunakan untuk menipu ikan predator air tawar.

Mungkin anda bertanya tanya, bagaimana agar action lure zig zag? Apasih rahasia lure wtd? Bagaimana cara membuat lure wtd?

Ok langsung saja berikut ini merupakan bahan, cara membuat dan sketsa lure wtd.

Alat dan Bahan Membuat Lure WTD

Kayu : jika anda ingin warna yang natural anda dapat menggunakan kayu jati belanda yang memiliki motif cantik. Jika ingin membuat lure yang berat agar dapat melempar jauh, kayu mahoni dapat diandalkan. Kayu waru, kayu jati, kayu balsa dan kayu kayu lainya yang cukup kuat dan keras dapat anda gunakan.

Kawat : gunakan kawat stailees anti karat, agar lure benar benar kuat dan tahan lama.

Cat : tidak wajib
split ring : cincin untuk memasang mata kail
kail : anda dapat menggunakan treeble hook atau single hook.
Pisau
Gergaji besi
Amplas
Timah
Lem kuat

Cara membuat Lure WTD

Pertama tama yang harus anda lakukan adalah menggambar sketsa lure pada kayu. Kemudian potong kayu tersebut sesuai dengan pola yang sudah anda gambar. Bentuk kayu tersebut dengan pisau dan perhalus menggunakan amplas.

Yang perlu anda perhatikan adalah lure harus simetris atau sama kedua sisinya agar action lebih mudah diatur. Jadi jika action tidak sesuai yang kita inginkan nantinya lebih mudah mengetahui penyebabnya dan mengatasinya. Selain itu bentuknya juga akan lebih bagus.

Selanjutnya gergaji bagian bawah lure untuk tempat kawat. Lihat pada gambar untuk lebih jelasnya. Setelah itu tutup lubang bekas gergaji tersebut dengan lem yang dicampur dengan bubuk gergaji. Tentunya lem yang digunakan harus kuat, anda dapat menggunakan lem kayu, lem epoxy atau lem kuat lainya.
 
sketsa design dan Cara Membuat Lure WTD dari Kayu
design lure wtd
Sekarang kita lanjut ke langkah paling penting dan menjadi rahasia pembuatan lure wtd. Agar action lure menjadi wtd, rahasianya adalah kita letakkan timah pemberat pada bagian bawah lure. Timah juga dipasang dibagian bawah agar lure tidak terbalik saat digunakan.
 baca Juga


Agar lure memiliki action wtd, sudut kemiringan lure pada air antara 45 derajat hingga 60 derajat. 90 % lure berada di dalam air dan sisanya berada dipermukaan. Namun hal tersebut menyesaikan dengan selera anda. Karena action lure nantinya juga dipengaruhi oleh kecepatan dan teknik retrieve anda.

Panjang lure sesuai selera anda. Untuk casting di air tawar biasanya panjang lure wtd antara 5 cm hingga 9 cm.

Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar lagi ya :D

Kalau sudah selesai tinggal beri warna lure dengan warna yang anda kehendaki.

Sudah tahu cara memasang treeble atau mata kailnya menggunakan split ring kan?

Selamat mencoba semoga strike.


0 Response to "Cara Membuat Lure WTD dari Kayu"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *