Umpan Tiruan Mancing Ikan di Air Tawar


Teknik mancing casting atau teknik mancing yang menggunakan umpan tiruan bukan hanya dapat dilakukan di air asin atau di laut lho, namun teknik casting juga dapat di aplikasikan di air tawar. Umumnya target mancing menggunakan umpan tiruan atau lure di air tawar adalah ikan predator seperti hampala dan ikan gabus. Namun ikan pemakan segala seperti ikan tawes dan ikan nila juga dapat di pancing menggunakan umpan tiruan.

Terdapat banyak sekali jenis umpan tiruan atau lure, jenis jenis lure tersebut sudah saya bahas dalam postingan saya sebelumnya. Namun diantara banyak jenis lure atau umpan palsu, terdapat beberapa jenis yang sangat cocok untuk casting di air tawar. Umpan tiruan jenis apakah itu? Mari kita bahas satu persatu.
Umpan Tiruan Mancing Ikan di Air Tawar   rawa danau handmade sungai parit kolam
danau

Froggy

Froggy merupakan umpan tiruan yang umumnya di desain mirip dengan katak. Dengan bentuk umpan tiruan ini yang mirip dengan katak, tentunya anda sudah dapat menebak jenis ikan target casting menggunakan umpan palsu jenis ini. Yap benar sekali, ikan gabus dan ikan toman.

Banyak jenis froggy sebenarnya, namun yang paling populer adalah jump frog dan soft frog. Soft frog digunakan untuk casting di rawa atau danau yang penuh dengan tanaman liar, seperti kangkung, enceng gondok, tapak dara dan sejenisnya. Sedangakn jumpfrog yang actionya di buat menyerupai katak yang melompat menyeberangi danau didesain untuk berburu babon ikan gabus dan ikan toman.

Spoon

Spoon merupakan umpan buatan yang memiliki action berputar dan gemerlap. Banyak yang mengira di beri nama sendok karena umpan tiruan jenis ini banyak yang membuatnya dengan bahan dasar sendok. Namun sebenarnya, di beri nama spoon karena bentuknya yang menyerupai kepala sendok

Spoon sangat cocok untuk casting di perairan tawar yang berarus deras, misalnya di sungai sungai yang berarus. Target mancing menggunakan spoon adalah ikan hampala dan ikan masher. Namun terkadang ikan tawe atau ikan nila juga mau menyambarnya.
 baca Juga: 


Pencil

Terdapat dua jenis umpan pencil, yakni wtd dan swimmer. Kedua jenis umpan tersebut diberi nama berdasarkan actionnya. Wtd merupakan singkatan dari walk the dog. Diberi nama wtd karena umpan tersebut memiliki action yang berenang kekanan dan kekiri seperti anjing yang sedang di ajak jalan jalan oleh pemiliknya. Wtd sangat cocok untuk ikan hampala. Ikan tawes, beles dan bader juga sering menyambar umpan jenis palsu ini.

Sedangkan swimmer memiliki arti perenang, ya umpan jenis tiruan ini memang bagaikan ikan yang berenang diatas air. Sangat cocok untuk mancing ikan hampala di sungai yang berarus sangat deras dan banyak terdapat jeram.

 Popper

Akhir akhir ini popper sangat populer dan banyak diminati oleh castier air tawar. Apakah karena menggunakan umpan tiruan jenis ini pasti mendapat ikan? tentu saja tidak. Malah bisa dibilang tidak semua jenis dan ukuran ikan mau menyambarnya.



Terus mengapa umpan tiruan atau lure ini banyak diminati caster air tawar? Popper memiliki action yang mengeluarkan bunyi cukup keras dan percikan air yang malah akan membuat ikan kecil lari ketakutan, meskipun ikan tersebut merupakan ikan predator. Namun ikan ikan predator berukuran besar, seperti babon hampala, ikan gabus maupun ikan toman akan merasa tertantang dan penasaran. Maka dari itu mereka akan langsung menerkam lure ini dengan ganasnya.

0 Response to "Umpan Tiruan Mancing Ikan di Air Tawar "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *