Mancing Pasiran Dengan Joran Sungai



Pernahkah anda melihat orang yang mancing di pantai? Mancing di pinggir laut atau pantai di kenal dengan nama mancing pasiran, ada juga yang mengenalnya dengan mancing pinggiran. Sedangkan istilah keren dari mancing pasiran adalah surf casting dan surf Fishing.



Mancing Pasiran Menggunakan Joran Sungai kali pendek cara mancing kecil
strike baby gt
Mancing pasiran identik dengan penggunaan joran yang panjang. Joran pasiran memiliki panjang 360 cm hingga 450 cm. selain itu reel yang digunakan juga berukuran besar , yakni reel dengan ukuran 6000 hingga 12000. Alat mancing pasiran dengan desin joran yang panjang dan reel yang besar tersebut bertujuan supaya dapat melempar dengan jauh dan dapat dengan mudah mengatasi perlawanan ikan ikan besar, seperti ikan gatho dan ikan tenggiri.

Lalu apakah bisa menggunakan joran pendek dan reel kecil seperti pancing yang digunakan di sungai? tentu saja bisa. Saya bilang bisa bukan karena saya dan teman teman saya membuktikanya sendiri. Teman saya ada yang berburu gatho menggunakan joran dengan panjang sekitar dua meteran dan reel hanya berukuran 4000. Ukuran ikan yang dia dapat pun besar besar, tidak jarang mendapat ikan gatho berukuran lebih dari 5 kg. Saya sendiri sering mancing pasiran menggunakan joran dengan panjang 180 cm.

Namun mancing pasiran  menggunakan joran sungai juga memiliki kekurangan dan kelbihan tersendiri. Mari kita bahas mengenai kelebih pancing sungai untuk mancing di pinggir laut atau pantai.

Bagi anda pecinta ultralight atau light tackle, mancing pasiran atau pinggiran menggunakan joran sungai tentunya sangat menyenangkan. Tarikan ikan ikan laut berukuran kecil sudah cukup mendebarkan. Mengapa? Ikan laut terkenal memiliki tarikan yang lebih kuat di banding ikan air tawar. Apalagi ditambah dengan arus laut serta ombak yang tinggi, bisa anda bayangkan sendiri gimana tarikanya.
baca juga 


Namun jika anda kurang sabar memang sangat sulit menghadapi perlawanan ikan menggunakan pancing sungai untuk pasiran. Kita dituntut sabar agar senar tidak putus serta terampil agar tidak kehabisan senar di reel. Kita harus tahu pasti kapan harus menahan, menggulung reel dan kapan harus menghentakkan joran.

Selain itu  pancing kali yang tidak memungkinkan untuk melempar pemberat diatas 50 gram juga menyulitkan kita untuk melempar jauh. Namun tenang, sebenarnya ikan ikan laut mencari makan di pinggiran lho. Jadi anda melempar umpan mepet garis pantai pun akan di makan. Bukan hanya ikan ikan kecil seperti bojor dan taking, ikan gatho pun mencari makan tidak jauh dari garis pantai.

Kendala utama mancing pasiran menggunakan pancing sungai adalah ketika ombak besar dan blender. Ya karena tidak memungkinkan menggunakan pemberat yang besar jadi kita harus sabar ketika timah pemberat terbawa arus.



0 Response to "Mancing Pasiran Dengan Joran Sungai"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *