Duduk Bersantai di Tepi Pantai Sembari Mancing Taking

Bagi pecinta mancing pasiran, mancing di pinggiran pantai sudah tidak asing lagi dengan namanya ikan taking. Ikan taking mirip dengan megan, tetapi cenderung lebih tipis dan kecil. Untuk nama dalam bahasa Indonesia dan nama Inggris saya belum mengetahuinya. Apalagi nama ilmiah ikan taking, jika anda mengetahuinya bisa anda tambahkan pada komentar.
mancing pinggiran mancing pasiran mancing di tepi pantai
ikan taking

Ikan taking biasanya memang bukan target utama para pemancing, karena memang ikan taking yang memiliki karakter berbeda dengan ikan lainya jadi jarang ada yang mendapat ikan taking. Ikan taking mencari makan tepat di garis pantai, sedangkan para pemancing pinggiran atau pasiran rata rata berusaha sejauh mungkin melempar umpan mereka.

Jika anda hanya ingin sekedar bersantai menikmati liburan anda di pantai, ikan taking merupakan target mancing yang tepat. Anda tidak perlu bersusah paya melempar umpan dengan jauh. Cukup melempar umpan dengan duduk sambil bersantai di tepi pantai.

Tips mancing taking antara lain, usahakan duduk sejauh mungkin dari pantai dan kurangi pergerakan yang mencolok. Karena ikan taking mencari makan di sekitar garis pantai. Selain itu juga carilah pantai yang sepi, dalam artian tidak ada yang bermain air. Jika melihat manusia, ikan taking biasanya berpindah tempat atau tidak mau makan.

Carilah spot dengan air yang tenang, dengan busa ombak yang tidak terlalu banyak. Pinggiran laut yang dalam juga disukai oleh ikan taking. Jika air laut jernih ikan taking akan terlihat pada sela sela ombak pantai. Terkadang ikan taking juga terlihat di permukaan air.

baca Juga:

Umpan yang di sukai ikan taking adalah undur undur genjuri. Akan tetapi cacing lure dan udang juga sangat ampuh untuk mancing ikan taking. Pasangkan umpan sebesar mata kail yang digunakan, yakni kail dengan ukuran 2 sampai 4. Cukup gunakan senar dengan diameter kecil untuk mancing ikan taking, yakni 0.18 mm – 0.23 mm. Jika banyak terdapat ikan baby gt, anda dapat menggunakan senar dengan diameter 0.25 mm -0.28 mm untuk mengantisipasi gigi ikan baby gt yang tajam.

Rangkaian mancing ikan taking seperti mancing ikan bojor, yakni rangkaian renteng dengan panjang leader atau perambut sepanjang 25 cm. Hanya saja untuk mancing ikan taking cukup gunakan dua cabang ( renteng ) saja.

Jika rangkaian sudah siap, waktunya cari spot mancing taking dan mencari tempat duduk bersantai. Lempar umpan anda, tidak perlu terlalu jauh dan lebih baik tepat dapat garis pantai. Anda juga dapat melemparnya di tepian pantai, lalu membiarkanya terbawa ombak. Ketika sudah umpan sudah mencapai titik yang kita inginkan, segera tegangkan senar anda. Begitu senar bergetar karena umpan di sambar ikan taking, segera hentakan joran anda. Dan gulung reel secara perlahan.



0 Response to "Duduk Bersantai di Tepi Pantai Sembari Mancing Taking"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *