Apasih Manfaat Memancing?

Saya sering ditanya oleh beberapa orang, apa sih manfaat memancing? Bukankah lebih baik beli di pasar? Bukanya rugi mancing kalau memancing?.
Apasih Manfaat Memancing?
mancing

Sebenarnya banyak sekali manfaat dari memancing. Pertanyaan pertanyaan mengenai manfaat memancing akan saya tulis dalam artikel ini. Memang seringkali uang yang kita keluarkan tidak sebanding dengan ikan yang kita dapat, akan tetapi manfaat yang kita dapat dari memancing sangatlag besar dan tidak ternilai dengan uang.

Tetapi ada lho orang yang menjadikan mancing sebagai pekerjaan. Salah satu teman saya contohnya, beliau pekerjaanya mancing. Ya memang kalau hobi benar benar ditekuni tentunya juga bisa dijadikan sebuah pekerjaan.

Terus apasih manfaat memancing? berikut ini merupakan beberapa manfaat dari mancing. Jika anda punya pendapat lain, bisa anda tambahkan dengan cara berkomentar :D.

Mendapat Banyak Teman

Dengan memancing, terutama mancing di alam liar anda akan bertemu banyak orang dari berbagai daerah. Di sana para pemancing akan mengobrol atau bertukar informasi sembari menunggu ikan target di sambar ikan. Tak jarang bukan hanya sekedar mendapat teman, dengan memancing para pemancing juga mendapat rekan bisnis bahkan tercipta suatu hubungan kekeluargaan. Dan mungkin saja mendapat jodoh yang memiliki kesamaan hobi, yaitu memancing.

Sekarang sudah banyak grup atau kelompok kelompok mancing. Walaupun banyak grup bermunculan tidak ada yang saling bermusuhan bahkan tidak jarang grup atau kelompok mancing berkumpul untuk kopdar atau sekedar mancing bareng. Umumnya para pemancing menganggap saudara satu sama lain.

Melatih Kesabaran

Mungkin melatih kesabaran adalah jawaban sebagian besar para pemancing jika ditanya manfaat dari memancing. Ya itu memang benar, memancing memang melatih kesabaran. Menunggu umpan disambar oleh ikan target memang membutuhkan kesabaran. Bahkan sampai berjam jam sampai umpan di makan dan mungkin tidak tiap berangkat memancing seorang pemancing berhasil membawa pulang hasil tangkapan.

Apalagi ketika memancing di air yang sangat jernih. Ikan mondar mandir bahkan melompat di atas permukaan air tetapi tidak kunjung mau menyantap umpan yang kita hidangkan. Hal tersebut tentunya akan benar benar melatih kesabaran seorang pemancing.

Memberikan Ketenangan

Mancing di alam liar akan membuat diri anda rileks. Suara gemericik air mengalir atau deburan ombak tentunya akan memberikan ketenangan. Mungkin anda stres atau penat dengan aktifitas bekerja atau belajar. Dengan mancing anda dapat melepas stres selama anda melakukan aktifitas sehari hari yang menguras pikiran tersebut.

Walaupun tidak mendapat ikan, umumnya para pemancing sudah puas dapat melihat air baik di sungai maupun di laut. Mereka tidak akan stres walaupun tidak mendapat ikan kecuali boncos (tidak mendapat ikan) berkepanjangan atau mancing dijadikan sebuah pekerjaan. Hehe.

Apalagi kalau umpan di sambar ikan target berukuran besar, segala masalah yang ada dalam pikiran akan hilang seketika. Tarikan ikan yang brutal dan tak kunjung naik akan memberikan sensasi yang tentunya akan membuat para pemancing puas dan bahagia.

Bermanfaat Bagi Kesehatan

Berjemur di bawah terik sinar matahari tentunya akan menguatkan tulang para pemancing. Ya seperti yang kita ketahui, sinar matahari mengaktifkan vitamin D yang akan memperkuat tulang. Apalagi bagi para pemancing yang pekerjaan sehari harinya di dalam ruangan, tentunya hal ini sangat bermanfaat.

Bagi pemancing yang memiliki masalah kesehatan paru paru, memancing pagi hari di pantai tentunya akan sangat bermanfaat. Udara pagi di pantai sangat baik bagi kesehatan paru paru anda. Apalagi jika anda melakukan lari lari kecil dan pemanasan, anggap saja anda kan menghadapi ikan berukuran monster.

Bagi anda yang menganggap bahwa mancing hanya sekedar duduk dan menunggu umpan dimakan ikan, anda salah besar. Apalagi jika mancing menggunakan teknik casting, dimana anggota badan terus bergerak melempar dan menarik umpan tiruan. Belum lagi kalau sudah strike.

Bagi pecinta rockfishing atau mancing karangan mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya hiking. Dimana para pemancing karangan biasanya akan menyusuri jalanan yang jauh dan terjal demi sampai ke spot mancing karangan yang di idam idamkan.

baca juga:

Menghilangkan Kebiasaan Buruk


Banyak dari teman teman saya yang dulunya sering mabuk untuk menghilangkan stres dan lari dari masalah, sekarang mereka berhenti minum minuman keras setelah menekuni hobi mancing. Seperti yang sudah saya tulis pada paragraf di atas, mancing akan memberikan ketenangan. Dengan memancing kita memang tidak akan lupa masalah yang kita hadapi, tetapi kita akan lebih siap dan lebih berani dan tentunya juga bertambah sambar dalam menghadapi suatu masalah.

Melatih Mental

Melatih mental? iya benar, memancing melatih metal anda. bagi anda pemburu ikan sidat, mungkin sudah tidak asing lagi bertemu atau di temani hantu ketika memancing. Tentunya hal tersebut akan membuat anda menjadi seseorang yang pemberani

Jika anda pemancing karangan tentunya juga tidak asing algi dengan ketinggian, atau jika anda mancing di sungai juga sudah sering bertemu dengan namanya ular berbisa. Pemancing pasiran juga tidak jarang mendapat ikan yang berbahaya, ikan pari misalnya. hal hal tersebut tentunya akan melatih mental seorang pemancing.

0 Response to "Apasih Manfaat Memancing?"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *