Jenis Jenis Cacing Untuk Umpan Mancing

Cacing merupakan umpan mancing yang sangat fenomenal di Indonesia. hal itu dikarenakan hampir semua jenis ikan air tawar, bahkan ikan laut dapat dipancing menggunakan cacing. Maka tak heran jikan sebagian besar orang akan menjawab cacing jika ditanya mengenai umpan mancing yang jitu
Jenis Jenis Cacing Untuk Umpan Mancing macam macam
Jenis Cacing untuk Umpan Mancing

Meskipun banyak orang merasa jijik terhadap cacing, namun tidak sedikit pula yang mencoba memberanikan diri untuk memegang cacing saat memancing.

Sebenarnya banyak sekali jenis cacing yang terdapayt di Indonesia sekaligus dapat dijadikan umpan mancing. Namun dari banyaknya jenis cacing tersebut, KailBayu akan menyebutkan beberapa jenis cacing sekaligus cara penggunaa dan target mancing untuk setiap jenisnya.

Berikut ini beberapa jenis cacing untuk umpan mancing:

Cacing Unthel

Anda pemburu ikan monster air tawar? Jika iya, anda mungkin sudah tidak asing mendengar jenis cacing ini. Cacing unthel merupakan cacing yang cukup besar dan jika ditusuk mata kail akan mengeluarkan cairan putih berbau menyengat. Cairan inilah yang akan menggoda ikan ikan besar seperti ikan sidat atau pelus, ikan lele, ikan bader, ikan gabus bahkan ikan tawes.

Selain itu cacing unthel akan ngunthel atau ngruwel (melingkar) jika dipasang pada mata kail. Maka dari itu cacing ini disebut cacing unthel.

Cacing Kristal

Cacing Kristal atau lumbricus rabbellus merupakan jenis cacing yang banyak dijual ditoko pancing maupun toko pakan ternak. Cacing kristal ukuranya lebih kecil dan panjang dari cacing unthel. Cacing berwarna merah kehitaman ini cocok untuk mancing udang galah dan beberapa jenis ikan bersisik seperti tawes, mujair, nila, betok.

Cacing Merah

Cacing merah atau lumbricus sp merupakan jenis cacing terkiller untuk mancing ikan air tawar bersisik dan ikan putihan. Cacing merah mirip dengan cacing kristal, hanya saja warnanya merah darah dan dapat tumbuh sedikit lebih besar.

Cacing merah sangat disukai ikan nila, mujair, bawal dan ikan putihan seperti ikan kepek, ikan wader, ikan nilem, ikan lukas, ikan tawers, ikan bader serta ikan wader, benteur atau lunjar.

Cacing Fosfor

Cacing Fosfor menarik perhatian ikan dengan warnanya. Cacing fosfor berwarna merah kecoklatan dan memiliki kilauan seperti cahaya fosfor. Maka dari itu cacing ini sering digunakan untuk mancing di malam hari. Cacing ini juga dapat diguanakan di berbagai spot seperti sungai, rawa, sawah, parit , danau, dan kolam atau empang.
 baca juga :

Cacing Lure

Cacing lure atau cacing laut merupakan jenis cacing yang hidup di pantai. Cacing ini berwarna merah dan berbentuk pipih serta memiliki kaki yang banyak. Cacing lure sangat disukai hampir semua jenis ikan laut, termasuk ikan gatho, surung, senangin, kerapau serta ikan giant travelly. Namun cacing lure juga dapat digunakan untuk mancing di sungai maupun kolam. Ikan bawal sangat menyukai cacing lure, karena bau dari cacing lure cukup amis.

Cacing tanah

Cacing tanah berbentuk mirip dengan cacing kristal. Hanya saja cacing kristal berwarna lebih hitam, oleh karena itu cacing tanah juga disebut cacing kalong. Selain itu cacing tanah juga disebut cacing konda karena dapat tumbuh hingga sebesar jari orang dewasa. Cacing tanah sangat disukai berbagai jenis ikan, terutama ikan ikan air tawar berukuran besar seperti belut moa, belut, sidat, ilele, ikan gabus dan ikan bawal


keyword : jenis jenis cacing umpan mancing kolam empang rawa danau parit sawah sungai laguna embung untuk ikan wader benteur uceng laut bojor nila mujair gurame ikan mas tombro malajaya hitam muara. umpan jitu ampuh mancing gabus sidat sogo.

0 Response to "Jenis Jenis Cacing Untuk Umpan Mancing"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *