Kepekan, Menikmati Tarikan si Ekor Kuning

Ikan wader kepek atau biasa di panggil kepek saja merupakan salah satu jenis ikan wader (lunjar / benteur) yang memiliki ciri khas memiliki ekor dan sirip berwarna berwarna kuning. Warna ikan sisik ikan kepek sama seperti sebagian besar jenis ikan wader lainya, yakni berwarna putih mengkilap.

Jika dibandingkan dengan jenis ikan wader lainya dengan ukuran yang sama, tarikan ikan kepek termasuk yang terkuat. Maka tak heran jika banyak yang hobi kepekan atau ngepek. Kepekan atau ngepek merupakan istilah bagi pemancing yang mancing khusus target ikan kepek.
tips trik serta resepe racikan umpan ikan kepek
Foto kiriman Roemi II di Grup Mancing KulonProgo

Ikan kepek dapat ditemui di sungai sungai di bagian selatan pulau Jawa, termasuk diantaranya sungai sungai yang mengalir di Jogja. Ikan kepek hidup secara bergerombol dan menyukai habitat yang bersih, belum tercemar dan air mengalir. Namun ikan kepek juga dapat hidup di telaga, rawa, maupun danau.

Jika anda berniat mancing kepek di Gunung Kidul, mungkin sebagian besar spotnya adalah telaga atau danau. Di sana ikan kepek juga sering disebut dengan ikan putihan. Berbeda dengan di Bantul atau Sleman, ikan kepek dbanyak dijumpai di sungai sungai. sungai sungai di Kulon Progo menjadi spot mancing kepek favorit saya. Selain sungainya banyak yang bersih dan belum tercemar, ikan kepek di sini dapat dibilang besar besar lho.

Tips Trik Mancing Kepek

Ngomong ngomong masalh tips trik mancing kepek sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mancing jenis ikan wader lainya, warna dan ukuran mata kail serta sear menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam mancing kepek.

Kita mulai dari mata kail untuk mancing kepek. Untuk mancing kepek digunakan mata kail dengan ukuran 0.3 hingga mata kail dengan ukuran nomor satu. Pemilihan ukuran mata kail untuk mancing kepek disesuiakan dengan besar ikan kepek dan jenis umpan yang digunakan. Untuk mata kail dengan ukuran nomor satu hanya disarankan jika anda menggunakan cacing sebagai umpan.

Ssttt... ada tips rahasia dalam pemilhan mata kail. Pilihlah mata kail yang tipis serta memiliki warna yang mengkilap, seperti warna putih atau kuning. Mata kail warna hitam dapat membuat ikan kepek berpikir dua kali untuk mendekati umpan, apalagi jika warna air di spot mancing kepek sangat jernih.

Ketika mancing kepek, pilihlah senar berwarna bening. Karena ikan kepek cukup sensitif dengan warna senar. Gunakan senar dengan ukuran 0.06 mm atau 0.08 mm jika target anda adalah ikan kepek. Namun untuk mengantisipasi jenis ikan lain yang berukuran lebih besar menyambar umpan, seperti ikan nila, ikan lele atau ikan gabus anda dapat menggunakan senar 0.10 mm atau 0.12 mm. Semakin jenis air semakin kecil senar yang sebaiknya digunakan untuk mancing kepek.

Joran yang digunakan untuk mancing kepek sebaiknya jenis joran tegek. Joran tegek biasanya di custom dengan ujung entul oleh para  pecinta ikan kepek. Dengan ujung entul yang mentul mentul akan membuat sensasi tarikan mancing kepek lebih terasa.
Umpan Ikan Kepek

Berikut ini merupakan umpan andalan para pemancing kepek.

Cacing

Cacing merah dan cacing kristal cocok untuk mancing ikan kepek saat air sedang keruh. Ikan kepek akan sangat agresif ketika air berwarna ngleri atau seperti warna air cucian beras. Saat air sangat jernih, cacing tidak disarankan untuk mancing ikan kepek.

Lumut

Lumut halus atau lumut batu menjadi umpan andalan para pemancing kepek. Untuk mancing kepek menggunakan lumut, gunakan mata kail ukuran no 0.5 atau 0.8 dengan rangkaian susun 2 atau3 buah mata kail untuk memudahkan dalam memasang lumut.

Agar lumut bertekstur sangat halus dan mengeluarkan bau harum, anda dapat mendiamkan lumut selama satu malam atau memberinya sedikit garam. Namun yang perlu diingat, jangan terlalu lama atau kebanyakan garam, karena lumut akan membusuk.

Roti Crackers rasa Keju

Mancing kepek dengan umpan roti? Yap benar sekali. Roti crackers rasa keju menjadi umpan yang cocok untuk segala jenis spot dan warna air. Roti crackers dapat diberi campuran kuning telur. Namun kuning telur tidak disarankan jika di spot anda memancing banyak ikan keting dan anda tidak ingin umpan anda disambar ikan keting.
baca Juga


Tempe

 Berbagai resep umpan racikan dari tempe sudah saya tulis dalam artikel terpisah di blog ini. Silahkan anda cari menggunakan menu pencarian di atas.

Tahu

Tahu kuning merupakan jenis tahu yang disarankan untuk mancing kepek.

 Tentunya bukan hanya jenis umpan diatas saja yang dapat dijadikan umpan mancing kepek. Umpan mancing kepek diatas merupakan umpan mancing ikan wader kepek pilihan yang killer, murah dan mudah di cari. Selamat mancing kepek :D



0 Response to "Kepekan, Menikmati Tarikan si Ekor Kuning "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *