Umpan mancing Ikan Nila Selain Lumut



Salah satu ikan asal benua afrika, yakni ikan nila merupakan ikan omnivora. Ikan omnivora merupakan jenis ikan pemakan segala. Jadi sebenarnya umpan mancing ikan nila sangatlah beraneka ragam. Namun selama ini, umpan andalan pemancing untuk mancing ikan nila adalah lumut.


Umpan mancing Ikan Nila Selain Lumut

Lumut, terutama lumut jaring atau lumut kasar menjadi umpan andalan pemancing di berbagai spot, baik mancing nila di alam liar seperti di rawa, danau, laguna, sungai bahkan sawah dan mancing ikan nila di kolam atau empang. Namun, lumut terkadang sangat sulit di cari. Maka dari itu banyak pemancing yang mencari umpan pengganti lumut.

Berikut ini beberapa macam umpan ikan nila selain lumut yang dapat anda jadikan sebagai alternatif.

Cacing

Seperti halnya lumut, cacing dapat digunakan sebagai umpan mancing ikan nila di berbagai spot seperti rawa, empang, danau, sungai dan kolam. Bahkan cacing cukup ampuh dan jitu untuk mancing ikan nila di perairan payau. Saya sendiri sudah membuktikanya, menggunakan cacing sebagai umpan mancing ikan nila di Laguna pantai Glagah.

Cacing yang ampuh untuk mancing ikan nila adalah cacing merah atau cacing kristal. Disarankan menggunakan cacing secara utuh atau tidak dipotong.

Pelet

Pelet juga sangat jitu untuk mncing ikan nila. Terutama mancing ikan nila di kolam, empang atau di sungai. pelet yang digunakan untuk mancing ikan nila umumnya dijual di toko toko pancing. Anda juga dapat menggunakan pelet pakan budidaya ikan nila sebagai umpan. Jika anda mancing ikan nila di sungai menggunakan pelet, carilah spot mancing nila di dekat pembuangan limbah rumah tangga.

Jika anda mancing ikan nila di kolam atau empang mungkin sudah tidak asing dengan umpan racikanyang berbahan dasar dari pelet.


Udang

Udang hidup juga killer untuk umpan mancing ikan nila. Biasanya udang udang kecil dan berwarna putihlah yang disukai oleh ikan nila. Anda dapat mencari udang tersebut di pinggiran spot anda memancing seperti danau, sungai, rawa atau laguna.

Kangkung

Jika spot anda memancing banyak terdapat tumbuhan enceng gondok atau kangkung, cobalah menggunakan kangkung sebagai umpan ikan nila. Karena kemungkinan besar ikan nila di spot tersebut makanan sehari harinya adalah kangkung. Gunakan daun kangkung yang masih muda atau pucuk daunnya saja. pada umumnya ikan nila besar maupun berukuran kecil doyan kangkung.

Rumput


Rumput? Iya rumput. Beberapa jenis rumput dapat digunakan sebagi umpan mancing ikan nila, diantaranya rumput belembem dan rumput kolonjono. Rumput menjadi slah satu umpan andalan para pemancing nila di sungai Progo. Bagaimana cara menggunakan rumput sebagai umpan? caranya sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya. Mancing Ikan Nila Babon dengan Umpan Rumput

0 Response to "Umpan mancing Ikan Nila Selain Lumut"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *