Target Casting di Muara Sungai

Muara sungai menjadi tempat para ikaan predator mencari mangsa. Maka dari itu muara itu merupakan salah satu spot yang sangat bagus untuk mancing dengan teknik casting. Selain ikan yang memang hidup di perairan payau, casting di muara sungai juga berkesempatan mendapat sambaran ikan predator yang hidup dilautan.

Banyak jenis ikan predator di muara suangai yang menjadi target casting para pemancing. Berikut ini merupakan jenis jenis ikan predator muara yang sering menyambar lure atau umpan tiruan para pemancing
 
Target Casting popping di Muara Sungai
ikan Tarpoon

Ikan baby GT

Ikan baby gt atau ikan petek merupakan ikan yang paling sering di temui oleh para pemancing muara. Berbagai jenis umpan akan disambar oleh ikan baby gt. Ikan baby gt memang terkenal sangat agresif jika melihat lure. Rasa penasaran ikan baby gt sangat tinggi, terkadang ikan baby gt hanya menyambar karena penasaran tanpa, jadi treeble sering menancap pada badan ikan bukan tubuh ikan.

Bukan hanya itu, giant travelly berukuran besar juga sering masuk ke kawasan muara sungai. bahkan ikan dengan bobot puluhan kilogram sering membuat para pemancing kwalahan dan akhirnya senar para pemancing putus.

Ikan Baramundi

Ikan berwarna putih ini memang menjadi primadona para caster muara sungai. Ikan baramundi sangat populer dengan lompatanya saat bertarung melawan pemancing. Walaupun menggunakan umpan tiruan minnow yang jauh menyelam di bawah air, ikan predator ini akan melompat kepermukaan air secara akrobatik. Hal itu dilakukan untuk melepaskan dirinya dari mata kail.



Ikan Terongan

Ikan terongan merupakan salah satu ikan predator yang sering mencari makan di kawasan muara sungai. Memang ikan terongan yang masuk ke muara sungai mayoritas berukuran kecil, tapi tak perlu di ragukan lagi agresifanya. Walaupun terlihat kecil, mulutnya cukup lebar untuk menelan lure. Ketepatan sambaran ikan terongan juga cukup tinggi.

Ikan Mangar

Ikan mangar alias kakap bakau merupakan ikan penghuni muara yang berbatu atau banyak ditumbuhi tumbuhan bakau. Ikan mangar merupakan target utama para caster di Jogja. Memang tidak salah para pemancing menjadikan ikan dengan nama keren mangrove jack ini target casting di muara sungai, karena tarikan ikan mangar sangat kuat.

Walau ikan mangar tidak seperti saudaranya yakni ikan baramundi yang sering terkenal dengan lompatan akrobatiknya, ikan mangar akan membawa umpan menghujam ke dasar sungai dengan tenaga penuh. Treeble hook bengkong, senar putus bahkan joran patah karena tarikan ikan mangar mungkin bukanlah hal yang asing lagi di telinga para caster.

Ikan Tarpoon

Ikan tarpoon memiliki banyak nama, diantaranya ikan wader sasi, ikan bandeng lanang dan ikan bulan bulan. Ikan tarpoon biasa hidup berkelompok. Saat air sedang pasang ikan ini masuk ke kawasan sungai yang masih berair payau.

Spot di mana ikan tarpoon berkumpul terlihat dengan mudah, karena ikan tarpoon lebing sering menghabiskan waktunya di permukaan air dalam mencari makan. Maka dari itu umpan top water seperti pensil dengan action swimmer atau wtd sangat cocok di gunakan untuk casting ikan tarppon.

baca juga:

Sepertihalnya ikan baramundi atau kakap putih, ikan tarpoon akan melompat secara akrobatik berulangkali, berusaha melepaskan kail yang menancap di mulutnya. Piranti ultralight sangat cocok untuk mancing ikan tarpoon.

Ikan Baleng

Ikan baleng yang juga biasa disebut dengan nama ikan senangin atau ikan kuro sebenarnya merupakan ikan laut. Ikan baleng hanya akan masuk ke muara sungai ketika musim penghujan dan air sungai sedang keruh. Saat muara sungai keruh, ikan baleng merupakan target utama para caster di muara sungai. Umpan popper merupakan umpan yang paling sering digunakan oleh para caster untuk mancing ikan baleng.

Ikan baleng merupakan salah satu ikan muara yang sulit di casting. Selain ketepatan menyambar umpan yang rendah seringkali membuat para pemancing jengkel, ikan baleng juga memilki mulut bagian samping dan bawah yang mudah sobek. Jadi saat menghadapi perlawanan ikan baleng harus ekstra hati hati.


0 Response to "Target Casting di Muara Sungai"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *