Ikan Air Tawar Terbesar di Indonesia



Di acara televisi, sudah sering di tayangkan para pemancing mendapat ikan ikan besar di laut. tapi tahukah anda di sungai maupun danau di Indonesia menjadi habitat ikan air tawar berukuran monster dengan bovot bisa mencapai puluhan kilogram?

Ikan ikan air tawar terbesar di Indonesia berikut ini juga merupakan ikan air tawar target para pemancing. Akan tetapi tidak sedikit pula orang yang takut untuk memancingnya. Selain dapat tumbuh besar, beberapa ikan terbesar berikut ini juga merupakan ikan predator yang agresif dan tidak segan segan menyerang manusia.

Ikan Toman

Ikan tomman merupakan ikan predator favorit para caster. Ikan toman juga memiliki corak warna yang indah, tak heran jika kita dapat menemukan ikan tomman di toko toko ikan hias dan akuarium.

Ikan toman dapat tumbuh hingga bobot puluhan kilogram. Ikan toman yang masih bersaudara dengan ikan haruan ini juga di takuti penduduk di sekitar habitatnya, karena ikan toman tidak segan segan menyerang manusia.

Ikan lele

Ikan lele sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, karena ikan lele banyak dijual hampir  di setiap pasar. Ikan lele juga banyak dibudidayakan di Indonesia.
Tapi tahukah anda ikan lele dapat tumbuh besar. ikan lele memang memiliki banyak jenis, dan ada ikan lele yang mampu tumbuh hingga bobot lebih dari 50 Kg!

Ikan lele dengan mudah beradaptasi di berbagai lingkungan. Bahkan ikan lele mampu bertahan hidup di parit atau pembuangan limbah. Hal ini lah yang menyebabkan ikan lele dapat ditemui di berbagai tempat dan dapat tumbuh hingga puluhan kilogram. Karena hidup di tempat tempat yang tak terduga, ikan ini tumbuh besar karena tidak ada yang memburunya.

Ikan Patin

Siapa bilang mancing di sungai tidak bisa dapat ikan besar? di sungai kapuas pernah terpancing ikan patin berukuran 48 kg. Mungkin tidak ada yang menyangka ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar terbesar di Indonesia.

Ikan patin yang merupakan ikan pemakan segala memang dari dulu terkenal sebagai target favorit para pemancing. Bukan hanya rasanya yang lezat, tapi juga tarikan ikan patin yang super mantap.

Ikan Tapah

ikan tapah merupakan ikan predator yang sangat agresif.Sepertihalnya ikan toman, ikan tapah tak segan segan menyerang manusia. Apalagi ikan tapah dapat tumbuh dengan panjang lebih dari satu setengah meter dengan bobot lebihh dari lima puluh kilogram, tentunya yang melihatnya bakal ketakutan. Karena itulah jarang ada yang memancing ikan tapah, sehingga ikan ini bisa tumbuh besar hingga menjadi salah satu ikan air tawar terbesar di Indonesia.

baca juga :

Ikan tapah memang cukup sulit di temui, ikan ini berhabitat di sungai sungai pedalaman yang jarang terjamah manusia, seperti di sungai sungai besar di pulau Kalimantan.

Ikan Grasscarp
Ikan Air Tawar Terbesar di Indonesia
ikan grascarp dari Waduk Sermo

Ikan yang masih bersaudara dengan ikan mas ini merupakan ikan herbivora. Mungkin anda tidak menyangka bahwa ikan herbivora satu ini satu diantara ikan ikan air tawar terbesar di Indonesia dan mampu tumbuh hingga puluhan kilogram.


Seperti namanya, ikan grascarp atau lebih akrap disapa braskap makanan utamanya adalah rumput dan dedaunan. Biasanya para pemancing menggunakan rumput, sayuran atau lumut untuk mancing ikan grasscarp. Karena ikan grasscarp merupakan salan satu ikan yang sulit di pancing, tak heran jika ikan ini dapat tumbuh besar i habitatnya.

0 Response to "Ikan Air Tawar Terbesar di Indonesia"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *