Mancing Menggunakan Teknik Casting

Teknik casting merupakan teknik memancing yang menggunakan umpan palsu atau umpan buatan sebagai umpan. Umpan palsu atau umpan tiruan dalam bahasa Inggris di sebut dengan artificial lure atau artificial bait. Teknik casting sendiri biasanya digunakan untuk mengincar ikan predator dan dapat diaplikasikan di hampir semua spot. Anda mancing dengan teknik casting di laut, muara, rawa, sungai bahkan kolam atau empang.

mancing teknik casting


Sebenarnya mancing dengan menggunakan teknik casting itu menyesuaikan dengan ikan target dan spot. Tiap daerah, bahkan tiap pemancing sendiri mempunyai teknik casting andalan tersendiri. Ya nantinya setelah anda merasakan mancing dengan teknik casting anda akan menemukan teknik yang paling nyaman buat anda. Maka dari itu dalam artikel ini akan di jabarkan gambaran apa dan bagaimana teknik casting itu.

Peralatan yang pertama kali harus di siapkan adalah umpan palsu atau umpan tiruan. Ya, yang membedakan dan menjdi cirikhas mancing casting adalah umpanya. Terdapat banyak jenis umpan palsu atau umpan tiruan. Macam macam jenis umpan palsu tersebut dapat anda baca di blog ini.


Joran yang biasa digunakan atau yang paling pas untuk casting adalah joran tipe sambung atau stick. Jarang ada yang casting menggunakan joran tipe teleskopik atau antena. Ya memang joran tipe stick lebih nyaman digunakan untuk casting.

Untuk casting di air tawar, seperti sungai, kolam atau rawa gunakan joran dengan panjang 160 cm hingga 210cm. memancing di tengah laut lebih nyaman menggunakan joran antara dua hingga tiga meter. Sedangkan ikan anda casting dari pinggir laut atau Rock fishing joran dengan panjang 330cm hingga 390 cm lebih nyaman digunakan. Saya sendiri menggunakan joran dengan panjang 360 untuk casting di pemecah ombak.

Pilihlah joran yang ringan, agar tangan anda tidak mudah lelah, karena nantinya kita akan selalu memaikan joran. Tidak seperti mancing yang biasa kita lakukan, yang joran bisa diletakan sembari menunggu umpan di sambar.


Senar utama yang digunakan dalam teknik casting adalah senar PE atau braided line. Sedangkan leadernya menggunakan senar mono atau flouro carbon. Untuk memancing di sungai cukup menggunakan PE dengan nomor di bawah 2. Jika dilaut biasanya menggunakan PE dengan nomor di atas 2.


Anda dapat menggunakan reel spinning untuk casting. Sedangkan reel yang di rancang khusus untuk teknik casting adalah reel baitcasting. Saya sendiri masih menggunakan reel spinning sampai sekarang dan tidak ada masalah menggunakn reel spinning. ukuran reel untuk disungai gunakan ukuran dibawah 1000 sedangkan dimuara antara 2000 hingga 4000. Jika anda menacing di laut bisa menggunakan reel dengan ukuran lebih besar dan menyesuaikan besar ikan target.

Teknik casting sebenarnya digunakan untuk memancing ikan predator seperti giant travelly, barakuda, palung atau ikan hampala, ikan haruan atau ikan gabus dan masih banyak lagi. Ikan wader pun bisa di casting menggunakan teknik casting. Jadi sebelum mempersiapkan alat untuk mancing dengan teknik casting silahkan menentukan ikan target terlebih dahulu.


Seperti yang saya bilang tadi, mancing dengan teknik casting memiliki teknik yang berbeda untuk tiap jenis ikan. bahkan tiap pemancing memiliki teki tersendiri. Tetapi pada intinya, kita akan menyegerakan umpan palsu untuk menarik perhatian ikan target. Lempar umpan palsu lalu tarik sesuai jenis lure yang digunakan. Teknik dasar retrieve juga bisa anda baca di blog ini.

0 Response to "Mancing Menggunakan Teknik Casting"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *