Senar PE atau Braided Line




Senar PE atau braided Ine merupakan senar yang terbuat dari jalinan serabut plyethylene yang disebut dengan Dyneema. Mungkin jika anda seorang pemancing pasiran atau pemancing di sungai atau waduk kurang familiar dengan senar PE. Karena senar PE atau braided line biasa digunakan untuk memancing di atas karang (rockfishing) atau memancing dari atas kapal. Senar PE juga digunakan untuk memancing dengan teknik casting.
Braided line


Senar PE atau braided Iine memiliki kekurangan serta kelebihan di banding senar monoline. Secara bentuk senar PE atau braided Iine sangat berbeda dengan senar monoline. Senar PE lebih mirip dengan benang nilon. Benang PE tidak transparan, ada yang berwarna gelap dan cerah, serta ada juga yang berwarna warni atau Multi colour. Biasanya warna bea PE multicolor, berwarna cerah dan berubah setiap 10 m. Senar PE multicolor cocok digunakan untuk teknik jigging.


Senar ini terbuat dari rajutan banyak serabut Dyneema atau bahan fiber yang sangat halus. Anda mungkin pernah melihat tulisan X3, X4, X8 dan X16. Tulisan itu mewakili jumlah kepangan yang membentuk braided Iine tersebut. Misal X4, 4 rajutan serabut di kepang menjadi satu. Senar PE X3 umumnya hanya digunakan untuk senar berdiameter sangat kecil. Yang umum dijual di pasaran adalah senar The X4 dan X8. Umumnya semakin banyak jumlah kepangan senar PE semakin lebih mahal harganya.

Kelebihan dan kekurangan senar PE tergantung untuk apa senar PE digunakan. Maka dari itu saya akan menyebutkan karakter senar PE dan anda yang menentukan apakah senar PE cocok atau tidak untuk anda gunakan memancing atau senar PE efektif atau tidak untuk teknik mancing yang anda gunakan.

Senar PE cenderung lebih kuat dari pada senar monoline. Bahkan kekuatan senar bisa lebih dari dua kali lipat senar monoline. Nomor senar PE mewakili besar diameter dari senar PE tersebut. Misal PE 1 adalah senar PE dengan diameter 0.16 mm. Tabelnya anda dapat lihat di bawah ini.


No PE
Diameter PE (mm)
No PE
Diameter PE (mm)
0.3
0.08
4.0
0.33
0.5
0.10
5.0
0.37
0.6
0.12
6.0
0.30
0.8
0.14
7.0
0.43
1.0
0.16
8.0
0.47
1.2
0.18
9.0
0.52
1.5
0.20
10
0.57
2.0
0.23
12
0.62
2.5
0.26
14
0.66
3.0
0.28
16
0.71
3.5
0.31




Senar PE tidak elastis jadi potensi kail menyangkut di mulut ikan lebih besar serta tarikanikan akan lebih terasa saat meladeni perlawanan ikan. Hanya saja untuk ikan yang mulutnya rapuh, potensi ikan lepas atau mocelnnya sangat besar, Diana mulut ikan akan lebih mudah sobek. Contohnya ikan belanak atau ikan surung.

Saat menggunakan senar PE jangan khawatir ikatan simpul anda akan mudah terlepas. Tekstur senar PE yang umumnya kasar dan seperti benang akan membuat ikatan simpul lebih kencang dan kuat.

Yang pasti senar PE berbeda dengan monoline yang mudah keriting. Bahkan bekas simpul senar PE hampir tidak berbekas atau dapat kembali seperti semula. Mungkin hanya warnanya saja yang sedikit memudar, tetapi untuk kekuatannya tidak berkurang banyak.

Senar PE mudah terbawa angin atau arus air karena sifat senar PE yang menyerap air. Jadi jika anda menggunakan senar PE untuk pasiran atau Surffishing nampaknya kurang cocok. Kecuali jika arus laut dan angin sedang tenang atau anda memancing pasiran dengan target ikan besar, misalnya ikan giant travelly.



Harga senar PE memang cenderung lebih mahal dari pada senar monoline. Namun ada juga senar PE yang murah. Terakhir saya melihat di toko pancing ada senar PE murah dengan harga Rp. 32.000 per 100m. 

0 Response to "Senar PE atau Braided Line"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *