Teknik Dasar Retrieve untuk Casting

Retrieve yakni di mana kita menggulung reel ketika menggunakan teknik casting. Teknik yang digunakan dalam Ma-retrive  umpan palsu merupak hal yang sangat penting dan paling menentukan keberhasilan kita dalam menipu ikan target pancing.

Sebenarnya ada banyak sekali teknik retrieve dalam casting. Akan tetapi dalam artikel kali ini saya akan menjabar beberapa teknik dasar retrieve. Anda dapat mengkombinasikan teknik dasar retrieve tersebut menyesuaikan ikan target. Teknik retrieve di bawah ini sifatnya tidak mutlak dan anda dapat berinprovisasi sampai menemukan teknik yang nyaman buat anda dan efektif untuk ikan target.

teknik dasar retrieve


Langsung saja berikut ini teknik dasar retrieve untuk casting.

Slow Retrieve


Slow retrieve atau simplenya adalah menari umpan palsu secara perlahan. Teknik seperti ini sangat efektif digunakan untuk memainkan umpan palsu di perairan yang berarus. Umpan di retrieve melawan arus sehingga dapat bergerak dengan cantik tanpa harus diretrieve dengan cepat. Slow retrieve sangat cocok untuk ikan yang malas mengejar umpan seperti mangrove Jack atau mangar. Selain itu juga cocok untuk casting ikan yang tidak titis atau sering kali tidak tepat sasaran ketika menyambar umpan seperti ikan surung atau juga di kenal dengan nama ikan laosan, kur atau treadfin salmon.

Fast Retrieve


Fast Retrieve yaitu teknik retrieve dengan menggulung reel dengan cepat sehingga umpan palsu juga bergerak dengan cepat. eknik casting seperti ini cocok untuk casting di perairann tak berarus dan sangat cocok untuk casting ikan palung atau Kampala jika memancing di air tawar. Jika anda casting di laut gunakan teknik ini ketika anda mengincar ikan giant travelly atau ikan tenggiri.


Stop and go


seperti namanya teknik retrieve stop and go adalah dimana umpan palsu di retrieve menggunakan kombinasi tarik cepat , pelan dan berhenti. Anda dapat menariknya secara tidak beraturan sehingga umpan seperti ikan sekarat. Biasanya saya akan menggunakan teknik Low retrieve lalu ketika ikan mngejar saya percepat dalam menggulung reel. Tetapi ketika ikan sudah dekat dan siap menyambar saya hentikan secara tiba tiba retrievenya.  Teknik ini cocok untuk ikan gabus jika anda memancing di air tawar.


Walk The Dog

teknik Walk The Dog atau lebih akrab disebut WTD adalah teknik untuk memainkan umpan jenis pencil bait jika anda penasaran kenapa disebut dengan teknik wtd anda dapat membaca artikel mengenai jenis jenis lure di blog ini. Gunakan joran dengan ujung yang agak lentur, jika menggunakan joran dengan tipe Heavy akan susah untuk menghasilkan gerakan umpan wtd. Gunakan teknik Low retrieve ketika menggulung umpan dengan kecepatan tetap sambil menggerakan joran anda secara beraturan. Teknik wtd cocok untuk anda yang akan memancing ikan hampala.



 Chugger

Chugger adalah teknik retrieve yang biasanya di aplikaiskan untuk umpan jenis popper. Teknik ini bertujuan untuk menghasilkan cipratan serta suara air yang akan menarik perhatian ikan predator. Anda bisa menggunakan teknik slow retrieve atau Fast retrieve sambil menghentak hentakkan joran anda secara teratur. Melihat cipratan dan mendengar suara cipratan air akan membuat ikan penasaran atau merasa tertantang sehingga akan menyambar umpan palsu anda.



Teknik casting diatas tidak dapat dikuasai hanya dengan membaca, mari langsung praktek dan tenukan teknik yang paling nyaman dan paling efektif untuk ikan target anda. Sekali lagi teknik diatas sifanya tidak mutlak dan anda dapat berimprovisasi dengan joran dan reel anda. Selamat memancing dan semoga strike .

0 Response to "Teknik Dasar Retrieve untuk Casting"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *