Umpan Ikan Tawes Alami yang Ampuh



Anda suka mancing ikan tawes? Mancing ikan tawes atau juga sering disebut dengan ikan putihan identik dengan umpan racikan atau ramuan. Namun sebenarnya, umpan alami cukup ampuh lho untuk menaklukan ikan tawes.

Ikan tawes sebenarnya merupakan ikan pemakan segala, jadi banyak sekali pilihan umpan yang dapat kita gunakan untuk mancing tawes. Akan tetapi dalam pemilihan umpan kita harus memperhatikan kondisi air. Kondisi air mempengaruhi karakter dan nafsu makan ikan tawes. Oleh karena itu umpan yang kita gunakan harus kita sesuaikan.
Umpan Ikan Tawes Alami yang Ampuh jitu keruh jernih rawa sungai danau telaga berarus deras
ikan tawes. sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Barbon_gonion_120127-22832_tsm.JPG

Berikut ini merupakan umpan mancing alami ikan tawes yang ampuh beserta penjelasanya dan trik jitu mancing ikan tawes.

Lumut

Lumut merupakan umpan ikan tawes yang sangat populer di kalangan pemancing. Lumut cocok untuk mancing ikan tawes di air yang tenang dan jernih, misalnya mancing ikan tawes di telaga, rawa, waduk atau disungai yang tak berarus.

Namun tidak semua jenis lumut disukai oleh ikan tawes. Lumut dengan tekstur yang halus dan berbau harumlah yang jitu untuk mancing tawes. Lumut batu salah satu lumut dengan karakter tersebut. Diamkan lumut batu semalaman agar tekstur dan baunya maksimal.

Jika anda menggunakan lumut, gunakan rangkaian mata kail susun dua atau tiga agar memudahkan anda memasang lumut. Untuk nomor atau ukuran mata kail yang digunakan menyesuaikan ukuran ikan tawes di spot anda memancing.

Laron

Mencari umpan ika tawes yang ampuh di segala kondisi air? Laron jawabanya. Laron sangat menggoda nafsu makan ikan tawes di air yang keruh maupun jernih dan di air berarus deras maupun tenang.

Selain ampuh, laron juga tidak mudah lepas dari mata kail serta cara pemasanganya pun mudah. Jadi cocok untuk mancing ikan tawes di sungai berarus deras. Hanya saja laron tidak dapat kita temukan di sepanjang tahun. Kita hanya dapat menemukan laro di awal atau akhir musim huja saja. Jadi jika anda menemukan laron, segera mancing tawes :D.

Cacing

Mungkin cacing merupakan umpan yang paling sering digunakan untuk mancing ikan tawes. Meskipun cacing kurang begitu disukai ikan tawes di air yang jerbih, cacing ampuh untuk mancing ikan tawes di spot mancing tawes yang airnya keruh. Apalagi jika mancing di sungai berarus deras, cacing yang bergerak gerak karea arus sungai yang deras akan menggoda ikan tawes yang melihatnya.

Hampir semua jenis cacing disukai ikan tawes, namun cacing berukuran besar hanya cocok untuk ikan tawes berukuran besar juga.
baca juga


Sawi

Sawi cocok untuk mancing ikan tawes di air yang tenang seperti di telaga, danau, rawa, maupun kolam. Untuk mancing tawes menggunakan sawi gunakan rangkaian ombyok atau rangkaian dengan mata kail yang banyak. Biasanya pemancing menggunakan matakail berjumlah lebih dari lima buah dalam satu rangkaian. Mata kail ditancapkan di sekliling daun sawi tersebut.

Jika anda mancing menggunakan sawi, pilihlah daun sawi yang masih muda. Anda dapat menggunakan gagang dan daun sawi yang masih tua untuk mengebom atau sebagai penarik perhatian ikan tawes agar berkumpul.



0 Response to "Umpan Ikan Tawes Alami yang Ampuh"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *