Apa itu Popper?

Apa itu Popper? Popper merupakan salah satu jenis umpan tiruan atau lure favorit para pemburu ikan predator. Teknik mancing menggunakan umpan tiruan khususnya umpan popper disebut dengan popping.

Popper biasanya di bentuk bulat memanjang seperti sebuah torpedo akan tetapi ujung popper lebih besar di banding ekornya.yang membendakan popper dengan umpan tirua lainya adalah pada mulut popper. Mulut popper sibuat lebar, dan seringkali di buat cekung kedalam. Popper seperti ini di sebut dengan popper tipe chugger.

Popping popper casting lure umpan tiruan handamade
popper handamade berhasil mengelabuhi ikan caru


Popper tipe chugger merupakan popper yang paling umum digunakan. Dengan desain menyerupai mulut ikan yang terbuka lebar, membuat action pepper di permukaan air mengeluarkan suara “ pop....pop...pop...”. dan mungkin inilah yang membuat umpan tersebut di sebut popper.

Ada juga yang memasukan umpan jenis swimmer dan wtd tergolong jenis popper, mungkin karen wtd dan swimmer memiliki action di permukaan air seperti popper. Akan tetapi pada umumnya swimmer dan wtd dianggap jenis umpan tiruan atau lure tersendiri.

Mulut popper yang lebar juga membuat percikan dan busa di permukaan air. Hal inilah yang menarik perhatian ikan. ikan predator umumnya terusik oleh popper yang memasuki daerah teritorialnya. Dan mungkin saja ikan predator menyambar popper bukan karena lapar, tetapi karena marah dan merasa tertantang karena ada yang memasuki wilayahnya.

blar........ ikan predator biasanya langsung menerkam popper dengan lompatanya yang akrobatik. hal inilah yang yang ditunggu tunggu oleh para poppinger.

Popper biasanya terbuat dari bahan fiber dan kayu. Popper dengan bahan fiber biasanya di buat oleh pabrik pabrik besar, sedangkan popper handmade umumnya terbuat dari kayu. Bagi para pemancing karangan atau rock fishing, umumnya mereka lebih menyukai umpan dari kayu karena lebih awet. Selain itu karena mereka membuat popper sendiri. Tidak sedikit pemancing yang mendesain dan membuat popper sendiri. Contohnya para pemancing di pemecah ombak pantai glagah, sebagian besar membuat popper sendiri.

Kayu untuk bahan membuat popper sesuai selera para pemancing. Ada yang menyukai kayu jenis mahoni. Kayu mahoni memiliki massa jenis yang berat, maka dari itu kayu mahoni disukai para pembuat popper untuk mancing karangan. Selin itu kayu mahoni juga terkenal dengan kekerasanya.

Kayu jati dan kayu waru di sukai para pembuat popper untuk popping di air tawar, seperti di sungai dan di danau. Massa jenis dan kekerasan kayu tersebut di anggap paling pas untuk mancing di air tawar. Sedangkan bagi anda menyukai popper dengan motif natural kayu, silahkan mencoba kayu jati belanda.

baca juga


Berat popper sendiri disesuaikan dengan spot dan target memancing. jika anda menggunakan piranti ultralight anda dapat menggunakan popper antara 3 sampai 5 gram. Dan bagia anda pecinta predator air asin seperti giant travelly atau ikan kuwe, anda dapat menggunakan popper sampai dengan berat 200 gram, bahkan lebih.

Target popping di air tawar umumnya ikan gabus, ikan toman, dan ikan hampala atau ikan palung. Sedangkan bagi anda yang mancing di muara sungai, ikan baramundi, ikan tarpoon dan ikan baby gt merupakan ikan yang paling umum menjadi target para poppinger. Sedangkan mancing di laut, ikan kuro atau ikan senangin, ikan kuwe, ikan baracuda dan masih banyak jenis ikan predator lainya.


Warna umpan popper juga cukup beragam, ada yang berwarna warni, ada juga yang sesuai warna natural kayu bahan untuk membuat popper. Namun warna yang paling sering digunakan oleh poppinger adalah popper dengan warna hologram atau yang memantulkan sinar matahari. Cahaya yang di pantulkan oleh popper alan membuat popper lebih mudah terlihat oleh ikan predator yang jauh di bawahpermukaan air.

0 Response to "Apa itu Popper? "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *