Macam Macam Ulat untuk Mancing!



Mendengar kata ulat mungkin beberapa dari anda ada yang merasa jijik atau mungkin takut. Ulat memang memiliki bentuk yang dianggap menggelikan bagi sebagian orang. Tapi tahukah anda jika beberapa jenis ulat sangat jitu untuk umpan mancing?

Ya memang tidak semua jenis ulat dapat digunakan sebagai umpan mancing. Hanya beberapa jenis ulat yang menjadi umpan andalan para pemancing. Yang pasti jangan salah dalam memilih ulat, terutama ulat bulu. Karena jika anda menyentuh ulat bulu seluruh badan anda bisa gatal gatal lho.
 
Macam Macam Ulat untuk Mancing! bawal gurame gabus haruan lele ikan liar kolam sungai danau
ulat
Berikut ini merupakan beberapa jenis ulat yang di kenal ampuh sebagai umpan mancing di kolam, rawa, sungai maupun danau. Bahkan ada jenis ulat yang di kenal sangat ampuh untuk mancing ikan predator seperti ikan gabus. Apa saja jenis ulat tersebut? Mari kita simak artikel berikut ini.

Ulat Belimbing

Ulat belimbing atau lebih akrab disebut dengan set belimbing merupak ulat yang terdapat pada buah belimbing. Belimbing yang sudah masak, seringkali terserang hama ulat. Ulat di dalam buah belimbing ini sangat killer untuk memancing berbagai jenis ikan putihan dan wader, seperti tawes, bader, wader abang, lunjar padi, wader kepek, wader cakul dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakan ulat belimbing, pilihlah mata kail berukuran kecil dan tipis. Mengingat ukuran set belimbig sangat kecil.

Ulat Hongkong

Ulat hongkong dapat anda beli di toko penjual pakan burung. ulat ini berukuran kecil dan berwarna coklat. Ulat hongkog sangat cocok untuk umpan mancing ikan bawal dan lele. Akan tetapi para pemancing biasanya hanya menggunakan ulat hongkong sebagai bom, charming atau pengumpul ikan saja.

Ulat Jerman

Ulat jerman memiliki bentuk yang sangat mirip dengan ulat hongkong. Ulat jerman memiliki ukuran lebih besar dua kali lipat dibanding dengan ulat hongkong. Sebenarnya kedua jenis ulat ini merupakan pasangan umpan yang serasi. Biasanya pemancing mengumpulkan ikan dengan ulat hongkong, dan memancingnya menggunakan ulat Jerman.

Ulat Padi

Bukan sembarang ulat yang ada pada tanaman padi lho. Hanya ulat yang berbentuk ceil dan berwarna putih kehijauan yang terdapat pada gulungan daun padi di sawah. Ulat ini memang susah di cari, karena jika mengetahui ada banyak ulat di tanaman padi, maka petani akan langsung menyemprotnya dengan pestisida. Ulat padi sangat ampuh untuk mancing ikan ikan di alam liar, seperti ikan betok, ikan wader, ikan sepat dan lain lain.

baca Juga



Ulat Daun Bunga Sepatu.

Ulat yang hidup pada daun bunga sepatu sangat mirip dengan ulat padi, tetapi jika di bandingkan bentuknya berbeda. Ulat ini sangat cocok untuk mancing beberapa jenis ikan di alam liar maupun di kolam, termasuk ikan betok, ikan nila,ikan mujair dan ikan gurame.

Ulat Daun Pisang


Ulat daun pisang yang lebih populer dengan nama enthung merupakan ulat yang sangat cocok untuk mancing ikan berukuran besar. Enthung memiliki ukuran sebesar jari orang dewasa dengan warna hijau dan tersapat tepung putih di sekujur tubuhnya. enthung sangat cocok untuk mancing ikan predator seperti ikan gabus dan ikan bawal. Selain itu ikan lele babon juga sangat menyukainya. Ulat yang sudah menjadi kepompong merupakan ulat yang diincar para pemancing, karena ulat ini lebih jitu untuk umpan mancing.

0 Response to "Macam Macam Ulat untuk Mancing!"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *