Tips Memilih Spot di Sungai

Sungai memang merupakan salah satu Juan utama para pemancing liar alias Wild fishing spot. Sungai menjadi habitat berbagai jenis ikan air tawar. Bahkan tidak jarang ikan air payau masuk ke kawasan sungai di dekat muara.

Terus bagaimana sih cara memilih spot mancing di sungai? Ada beberapa pedoman atau tips dalam mencari titik spot di mana berbagai jenis ikan berkumpul di sungai. di beberapa artikel saya sudah menulis cara memilih spot untuk berbagai jenis ikan secara spesifik. Kali ini saya menulis tips memilih spot di sungai secara umum.

Langsung saja berikut ini cara memilih spot di sungai.
Tips trik cara rahasia jitu Memilih Spot di Sungai
sungai

Tempuran

Tempuran atau pertemuan dari dua atau lebih sungai biasanya menjadi habitat ikan ikan besar. Di tempuran sungai berbagai jenis ikan bergerak secara aktif. Maka dari itu spot tempuran sungai merupakan set mancing yang bagus, anda dapat mencoba berbagai teknik di sini. Di tempuran sungai ikan bergerak naik turun dari permukaan ke dasar air. Tak jarang terlihat ikan predator mengejar mangsanya hingga melompat ke atas permukaan air untuk menerkam mangsanya.


Kedung atau Lubuk sungai

Kedung umumnya merupakan bagian terdalam di sungai dan menjadi tempat berkumpulnya ikan ikan besar. Kedung menjadi spot mancing di sungai yang paling potensial, karena biasanya berbagai jenis ikan membuat sarang dan bertelur di sini.

Arus di kedung biasanya lebih tenang, mungkin bagian permukan arus air cukup deras, namun bagian dasar kedung biasanya arus air sangat tenang atau berputar. Biasanya mancing di kedung menggunakan teknik dasaran. Karena pada umumnya ikan berada di dasar kedung yang dalam, terutama ikan ikan berukuran besar.


Belokan Sungai

Belokan sungai umumnya menjadi tempat ikan bersarang dan mencari makan. Arus air yang cukup deras biasanya akan membuat banyak rongga di salah satu sisi sugi. Di tempat inilah banyak ikan mencari makan dan membuat sarang.

Selain itu di belokan sungai arus lebih tenang. Sehingga cocok bagi anda yang suka menggunakan teknik mambang dengan menggunakan kambangan atau apungan.

baca juga :

Di Balik Bebatuan

Sungai sungai di pegunungan biasanya terdapat batu batu besar di sungai. di balik bebatuan di sini bukan berarti di bawah batu, akan tetapi di sisi batu yang berlawanan dengan arus sungai.

Biasanya ikan berlindung dari arus sungai yang deras di balik batu. Jika spot tersebut banyak ikan predator seperti ikan hampala dan masher, ikan predator biasanya menunggu mangsa di sini. Ikan predator menunggu ikan ikan kecil yang terbawa arus sungai.


Di Bawah Pepohonan

Berbagai  jenis ikan memang menyukai tempat tempat yang teduh, ikan gurame dan ikan Sigli misalnya. Maka dari itu spot di tepi sungai banyak ditumbuhi pohon biasanya menjadi tujuan utama para pemancing. Selain saat mancing tidak kepanasan alias tidak terkena sinar matahari secara langsung, bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa akar akar pohon yang masuk ke dalam sungai menjadi tempat bersembunyi dan bersarang berbagai jenis ikan.

Pembuangan Limbah

Tidak sembarang pembuangan limbah menjadi tempat berkumpul ikan di sungai. limbah pabrik atau rumah tangga yang beracun dan tidak ramah lingkungan malah tidak terdapat ikan, karena ikan mati atau menjauhi sungai tersebut.


Namun jika limbah itu limbah yang aman misal limbah makanan atau limbah dari pemotongan hewan. Pembuangan limbah tersebut malah menjadi tempat geromobolan ikan mencari makan.

0 Response to "Tips Memilih Spot di Sungai"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *