Jenis Ikan Air Payau / Target Mancing di Muara Sungai



Kali ini saya akan berbagi mengenai jenis jenis ikan air payau khususnya ikan air payau target mancing di muara sungai. mancing di muara sungai kita memang berkesempatan untuk mendapat ikan yang berhabitat di laut tetapi dalam artikel ini saya hanya akan berbagi jenis ikan yang dapat hidup di air payau.

Untuk ikan target mancing Pasiran bisa anda baca di artikel saya yang berjudul 10 ikan target mancing dari pinggir laut/pasiran.
jenis ikan air payau-kerapu mangar
ikan kerapu dan ikan mangar

Kakap Bakau

Para pemancing yang biasa mancing di muara sungai khususnya di Jogja dan sekitarnya pasti kenal dengan ikan ini. Kakap bakau atau mangrove Jack lebih di kenal dengan nama ikan mangar oleh para pemancing di jogja.

Jenis ikan air payau satu ini memang mejadi primadona di kalangan pemancing muara sungai. Ikan mangar merupakan salah satu ikan predator air payau yang memiliki tarikan yang bikin kangen.

Ikan Luthok

target mancing muara - ikan luthok
Ikan luthok memang sayang masuk kan dalam target mancing pasiran. Tapi tahukah anda ikan luthok sebenarnya ada dua jenis, yaitu ada yang hidup di air tawar dan hidup di laut. kedua jenis ikan luthok tersebut dan kita jumpai di air payau atau di muara sungai . maka dari itu ikan tersebut saya masuk kan kedalam artikel ini.

Baby GT

Ikan baby gt atau lebih familiar dengan nama ikan petek habitat aslinya memang di laut, tetapi ikan petek dapat hidup di air payau. Apa lagi ketika sedang musimnya ikan petek

jenis ikan air payau-baby gt
baby gt


, kawasan muara di penuhi para pemancing yang memang mengincar jenis ikan air payau satu ini.

Ikan Belanak

Ikan belanak mirip dengan ikan bandeng. Ikan belanak juga merupakan salah satu jenis ikan air payau yang menjadi target utama para pemancing muara di Jogja. bahkan anda grub khusus mancing belanak di jogja.

Ikan belanak memang bukan ikan predator dan bisa di pancing menggunakan umpan lumut. Tetapi sebagian besar pemancing di Jogja menggunakan umpan yang terbuat dari tepung. Resep dan trik mancing belanak sudah saya tulis dalam beberapa artikel di blog ini.

Kakap Putih

jenis ikan air payau-baramundi
baramundi
Kakap Putih alias ikan Baramundi juga merupakan ikan predator air payau yang menarik perhatian para pemancing muara. Walaupun di kawasan pantai utara jawa, ikan kakap putih dapat di pancing di tengah laut, tetapi daerah Ikan baramundi hanya dapat di pancing di kawasan muara sungai. Saya sendiri belum pernah mendengar ada yang mendapatkan ikan kakap putih ketika mancing pasiran atau mendapat kakap putih menggunakan kapal di laut selatan daerah Jogja.

Kerapu

Kerapu merupakan salah satu jenis ikan dengan harga yang sangat mahal. Sebenarnya ikan ini lebih mudah di pancing di karangan ( rock fishing ) atau menggunakan kapal di tengah laut yang terdapat karang di dasarnya. Ikan kerapu memang salah satu jenis ikan yang menghuni karang, maka dari itu ikan ini biasa hidup dimuara sungai yang berbatu.

Belut Laut

Memang jarang ada orang yang memancing dengan target belut laut, karena belut laut memiliki duri yang banyak. Di jogja belut laut di kenal dengan nama sidat jaran atau oleng oleng. Para pemancing biasanya memburu belut laut untuk dijadikan hiasan di akuarium. Jenis belut laut yang biasanya digunakan hiasan adalah belut laut yang memiliki motif indah.

Kiper

Kiper salah satu jenis ikan air payau yang memiliki sengat di tubuhnya. Maka hati hati jika mendapat ikan kiper, ikan ini memiliki sengat yang terdapat pada duri bagian sirip ikan. Racun dari sengat ikan kiper memang tidak mematikan tetapi cukup menyakitkan dan bisa membuat tubuh demam beberapa hari.

Tarpoon


Ikan tarpoon memiliki banyak nama, diantaranya ikan bulan bulan dan ikan bandeng lanang. Di jogja sendiri ikan tarpoon lebih di kenal dengan nama ikan wader sasi.Sama halnya dengan ikan baramundi, salah satu daya tarik ikan tarpoon adalah tarianya ketika sudah terkena mata kail. Ikan tarpoon akan meloncat kesana kemari berusaha melepaskan diri dari jeratan mata kail. foto dan cara memancingnya dapat anda lihat di tips mancing wader sasi

0 Response to "Jenis Ikan Air Payau / Target Mancing di Muara Sungai"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *