Tips Mancing Di Muara Sungai



Sebelum saya tergila gila sama yang namanya mancing pasiran atau surffishing, saya terlebih dulu hobi mancing di muara sungai. Memancing di muara sungai memiliki kelebihan dimana kita memiliki kesempatan untuk mendapatkan ikan air tawar dan ikan laut serta ikan yang berhabitat di air payau itu sendiri. Pada artikel ini saya akan berbagi tips mancing di muara sungai.
 
Tips Mancing Muara
muara sungai Serang di Glagah
Alat yang di gunakan untuk memancing di muara sungai memang tergantung dari jenis ikan target anda. Belum pernah mancing di muara sungai ? atau belum tahu ikan target mancing di muara? Silahkan baca artikel saya ikan target mancing di muara sungai.
Jika anda masih bingung dengan ikan target yang ingin anda pancing atau anda ingin mendapat ikan apa saja, say sarankan untuk menggunakan umpan udang. Udang dapat anda beli di pasar atau toko ikan. seperempat kilogram udang sudah lebih dari cukup untuk memancing sendirian, kecuali jika anda memancing seharian.

Akan lebih baik lagi jika anda memancing menggunakan umpan undur undur atau cacing lure. Ikan laut lebih menyukai undur undur dan cacing lure. Ikan laut biasanya akan masuk ke muara sungai ketika air pasang. Tetapi jika anda hanya membawa cacing pun tak masalah, ikan luthok dan beberapa jenis ikan muara mau memakan umpan cacing. Terutama jika air di muara sungai sedang keruh.

Selanjutnya mengenai peralatan untuk mancing di muara sungai. Dari pancing kolam sampai pancing laut bisa di gunakan untuk mancing di muara sungai. Tetapi saya sarankan menggunakan minimal menggunakan pancing dengan spining rell dengan ukuran senar minimal 0.25mm sepanjang 100m. Senar sepanjang itu sudah cukup untuk menghadapi perlawanan ikan kakap bakau berukuran satu kilogram.

Waktu mancing di muara sungai yang tepat adalah ketika air angkat pasang naik hingga air angkat pasang surut. Pada saat itu beberapa jenis ikan laut akan masuk ke muara sungai, serta ikan air payau seperti ikan kakap akan aktif mencari makan. Tak jarang saya menjumpai ikan air laut seperti panjo, baracuda dan giant travelly memasuki muara sungai Serang di Glagah atau Karangwuni.

ikan muaraSaat matahari terbit dan terbenam juga merupakan waktu yang tepat untuk mancing di muara sungai. Beberapa jenis ikan predator seperti baby gt, kakap bakau dan kerapu sangat aktif saat matahri terbit dan terbenam. Saya biasa mancing di muara sungai serang di Glagah dan muara sungai Bogowonto di Congot. Dan biasanya saya memancing di waktu waktu tersebut sambil menikmati indahnya sunset maupun sunrise.


Pesona sunset dan sunrise memang menjadi daya tarik tersendiri, jika anda hobi mancing manfaatkan waktu liburan anda untuk mancing di muara sungai sambil menikmati indahnya sunset maupun sunrise. Mancing di muara sungai juga bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga.





0 Response to "Tips Mancing Di Muara Sungai"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *