Jenis Jenis Ikan Target Pasiran/ Mancing dari Pinggir laut


Berbagai jenis ikan laut dapat kita pancing dari pantai, atau istilah umumnya mancing pasiran. Mancing pasiran juga di kenal dengan nama kerennya yaitu surf fishing. Memancing surf fishing memang mengasikan apa lagi kalau sudah berhasil mendapatkan ikan target bakal kecanduan mancing pasiran.

Apa saja sih ikan target pasiran? Berikut ini merupakan 10 ikan target pasiran. Ya memang tidak hanya ikan tersebut saja yang bisa di dapatkan ketika mancing pasiran, akan tetapi 10 ikan target pasiran tersebut merupakan ikan yang paling sering dijadikan target para pemancing pasiran.

Surung / Kuro

ikan traget pasiran- ikan surungIkan target mancing dari pinggir laut yang pertama adalah ikan surung. Ikan surung yang juga di kenal dengan nama ikan kuro ini memiliki rasa yang sangat lezat dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Ada juga yang menyebut ikan surung dengan nama laosan atau ikan senangin. Ikan surung aktif di malam hari, tetapi juga dapat dipancing ketika siang hari.

Memancing ikan surung saya sarankan menggunakan kail yang benar benar tajam, karena jika kurang tajam kemungkinan ikan lepas atau mocel sangatlah besar. Ikan ini juga termasuk ikan predator, jadi kita dapat menggunakan ikan kecil untuk memancingnya atau juga bisa menggunakan teknik casting.

Gatho

Siapa sih pasiraner yang tidak tahu ikan gatho? Ikan gatho atau ikan bawal bintang ini  merupakan target mancing pasiran yang paling diburu. Selain harganya yang cukup mahal, tarikan ikan gatho tidak mengecewakan. Pokoknya jika anda gemar mancing dari pinggir laut dan belum mendapatkan ikan gatho, belum lengkap rasanya.

Memancing ikan gatho berbeda dengan mancing ikan surung, ikan gatho hanya aktif di siang hari. Sangat susah jika di pancing malam hari, mungkin Cuma pada saat bulan bersinar terang ikan ini akan menyentuh umpan anda. Itu pun sangat jarang sekali akan segalak pada siang hari.


Luthok

ikan target pasiran-ikan surungIkan luthok mirip dengan ikan lele, yaitu memiliki kumis dan memiliki patil yang dijadikanya sebagai senjata. Ikan Luthok juga memiliki nama lain ikan kating atau keting. Patil ikan luthok cukup tajam dan bergerigi. Jadi hati hati ketika memegang ikan luthok

 Sama dengan ikan surung, ikan Luthok aktif di malam hari. Ikan luthok sangat menyukai air yang keruh, jadi biasanya ikan luthok sangat banyak terdapat di pinggir laut yang berdekatan dengan muara sungai. Terutama ketika musim penghujan. Ikan luthok juga sering kali masuk ke aliran sungai.

Bojor

Bojor yang disebut juga dengan nama ikan kaca pring atau shand whiting merupakan target mancing dari pinggir laut yang dangkal. Ikan ini penghuni plataran, yaitu bagian laut yang dangkal.

Jika anda baru belajar mancing pasiran, ikan ini bisa anda jadikan target utama. Umumnya ikan bojor dapat dipancing sepanjang tahun, tetapi ada saat saat tertentu ikan ini sangat mudah di pancing. Tidak diperlukan piranti khusus untuk memancing ikan bojor dari pinggir laut.

Tombol

Sepert ikan bojor, ikan target dari pinggir laut satu ini hidup bergerombol. Jadi jangan heran jika ada orang mancing pasiran mendapat puluhan bahkan ratusan ikan ketika memancing ikan tombol. Menarik bukan?
Ikan tombol juga dapat tumbuh hingga memiliki berat puluhan kilo. Ketika besar ikan tombol disebut dengan ikan somanganti.

Jika anda menacing ikan somanganti jangan lupa membawa coolbox,  karena ikan ini lebih mudah busuk di banding jenis ikan target mancing dari pinggir laut lainya.

ikan target pasiran


Megan

Ikan megan atau juga sering di sebut ikan cap jempol, karena ikan target pasiran satu ini memiliki motif yang mirip cap jempol di badannya. Selain hidup di pantai berpasir, ikan megan juga dapat dijumpai di pantai berkarang.

Seperti kebanyakan ikan target pasiran lainya, ikan ini hidup secara bergerombol. Maka ketika musim ya jangan heran kalau tiap pemancing membawa pulang ikan megan dngan jumlah banyak.

Taking

Jika anda belum percaya diri untuk memancing ikan besar ketika mancing pasiran, ikan satu ini bisa dijadikan alternatif target mancing pasiran anda. Ikan taking memiliki bentuk yang sangat mirip dengan ikan megan.

Tidak diperlukan piranti khusus untuk memancing ikan taking. Bahkan anda dapat memancing ikan taking sambil duduk dengan santai di pantai. Karena ikan ini biasa mencari makan di garis tepi pantai, ya sangat mepet sekali denga daratan.

Garon

Ikan target pasiran satu ini memiliki warna hitam putih, dengan garis selang seling. Maka tidak jarang pemancing menyebutnya ikan juventus, karena ikan memiliki warna seperti jersey klub bola asal Italia tersebut.

Ikan garon jarang ditemui di siang hari, jadi disarankan untuk mancing di malam hari jika target mancing pasiran anda adalah ikan garon. Ya menurut saya anda harus merasakan tarikan ikan ini. Tarikan pertama bakal membuat anda kangen.

Caru

ikan target pasiranCaru atau nama bekenya Giant travelly/ GT merupakan ikan dengan tarikan yang paling waah menurut saya. Tenaga ikan ini gak habis habis pokoknya. Ikan Predator satu memang paling sering membuat senar para pemancing pasiran putus.

Ikan caru juga di kenal dengan nama ikan lawis. Terdapat banyak jenis ikan caru, tetapi menurut saya semuanya memiliki tarikan yang waaah pokoknya. Jadi jika anda memancing ikan ini piranti memang harus mumpuni.


Pari

ikan target pasiran
ikan pari
Ikan pari atau ikan kecrek lebih sering disebut dengan nama ikan P. Ikan ini biasa menghuni daerah pinggir laut yang tajam atau lebeng. Biasanya ikan pari mudah di pancing ketika musim penghujan. Anda wajib berhati hati ketika memancing ikan pari, karena ikan pari memiliki sengat dengan bisa yang mematikan di ekornya.

Ikan pari dapat tumbuh hingga berat lebih dari lima puluh kilogram, jadi jangan heran jika ada pemancing yang kelelhan menghadapi ikan ini. Tidak jarang dibutuhkan waktu berjam jam untuk menaklukan ikan target pasiran satu ini.


0 Response to "Jenis Jenis Ikan Target Pasiran/ Mancing dari Pinggir laut"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *