Hutan Mangrove di Kulon Progo



Seperti biasa, saya akan membahas hal hal yang berkaitan dengan hobi saya yaitu mancing. Kali ini saya akan membahas salah satu tempat wisata yang lagi booming yaitu Hutan Mangrove yang terletak di Kulon Progo.



Hutan Mangrove congot
Hutan Mangrove di Kulon Progo

Hutan mangrove di Kulon Progo ini mulai terkenal sejak banyak yang berfoto di hutan mangrove lalu membagikanya melalui media sosial seperti facebook dan instagram. Ya apalagi kalau bukan keindahan hutan mangrove di Kulon Progo ini yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Jembatan yang masih terbuat dari bambu dan kayu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu banyak properti yang cantik dan unik untuk foto yang di sediakan di hutan mangrove di Kulon Progo. Bagi saya daya tarik yang utama adalah ikan yang ada di sana hehehe. Selain itu anda dapat menggunakan kapal untuk berkeliling hutan mangrove dan muara sungai bogowonto di congot.

Memang boleh mancing di kawasan hutan mangrove? Sampai artikel ini diterbitkan boleh mancing di sana, akan tetapi masak iya mau mancing pas kondisi ramai. Kalau memang ingin memancing di sini saya sarankan untuk menghindari hari libur. Hutan mangrove di Kulon Progo ini merupakan spot yang bagus sekali untuk berburu ikan predator. Hutan mangrove di Kulon Progo salah satu  sarang predator air payau seperti mangrove jack dan baramundi serta tempat bermain ikan predator laut seperti giant travelly.

Bagi anda pecinta teknik casting, hutan mangrove menjadi spot yang sangat pas. Usahakan memancing ketika air laut sedang pasang. Dimana kondisi air sungai di hutan mangrove penuh sehingga ikan predator akan aktif mencari mangsa di sini.

Ada titik spot yang wajib anda coba. Spot ini cocok bagi anda yang datang ketika hari libur dan kondisi hutan mangrove di Kulon Progo ini sedang ramai. Spot ini berada di sebelah barat muara sungai bogowonto. Anda cukup berjalan beberapa ratus meter ke arah timur melalui jalan di selatan hutan mangrove. Atau anda dapat berjalan menyusuri hamparan pasir sambil menikmati keindahan pantai disini.

Jika anda pemburu mangar atau mangrove jack, muara pantai congot di sebelah timur menjadi spot yang sangat menggoda. Dimana anda dapat menikmati keindahan sunrise maupun sunset sambil memancing. Seperti yang kita ketahui, ikan mangrove jack aktif mencari makan ketika matahari terbit dan matahari terbenam.

baca juga:
Mancing di Dermaga Sadeng
Hutan Mangrove Baros

Hutan mangrove ini berada di ujung barat daya provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di kecamatan Temon. Hutan Mangrove di kulon progo ini kurang lebih berjalak 50km dari kota Jogja dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan menuju hutan mangrove sudah halus dan sangat mudah di jangkau.


Untuk menuju hutan mangrove, jika anda berada di kota Jogja, anda cukup menyusuri jalan Jogja-Purworejo sampai dengan perbatasan provinsi DIY-Jawa Tengah. Jika anda bertemu tugu perbatasan DIY-Jawa tengah artinya anda kebablasan, hehehe. Jika anda sudah melewati Puskesmas Temon 2 di selatang lebn jalan, pelankan kecepatan kendaraan anda. Beloklah ke selatan di pertigaan setelah anda menjumpai SPBU di utara jalan.  Beloklah ke arah barat di pertigaan ke dua yang akan anda temui lalu lurus saja sampai dengan jembatan Congot. Kurang lebih 100m di sebelah barat jembatan Congot terdapat papan petunjuk arah menuju hutan mangrove dan anda tinggal mengikuti petunjuk arah tersebut.





0 Response to "Hutan Mangrove di Kulon Progo"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *