Cara Memperbaiki Reel/ Katrol Rusak

Reel merupakan alat yang cukup penting dalam memancing. Memang tidak semua teknik memancing membutuhkan reel akan tetapi reel sangat mempunyai peran penting dalam memancing.


Seperti yang kita ketahui reel atau juga disebut dengan katrol pancing harganya tidak murah. Bahkan sampai puluhan juta. Maka dari itu jika reel rusak lebih baik di perbaiki jika masih bisa. Terutatama jika itu reel kesayangan anda dan sering mendapat ikan, tentunya sayang kalau rusak.

Cara Memperbaiki Reel/ Katrol Rusak


Kali ini saya akan berbagi cara memperbaiki reel atau katrol yang rusak, khususnya reel yang macet. Reel biasanya macet karena bearingnya rusak atau gearnya. Pada artikel ini kita akan membahas cara memperbaiki reel khususnya reel spinning yang rusak disebabkan oleh bearingnya yang macet atau rusak.

Hal yang pertama yang harus di lakukan untuk memperbaiki reel macet adalah membongkar reel terlebih dahulu. Jika anda belumpernah sama sekali membongkar reel, sebaiknya foto susunan tiap bagian reel terlebih dahulu sebelum dilepas. Karena jika lupa dan susunanya salah, bisa fatal akibatnya.

Selanjutnya cek bearing pada reel.. bearing biasa disebut juga laher atau laker Cek apakah macet atau tidak. Jika bearing macet atau sulit berputar bisa jadi itu penyebab mengapa reel tidak dapat berputar. Bearing dapat rusak karena berbagai faktor. Salah satunya karena berkarat. Bisa saja pelumas pada reel kering lalu bearing berkarat karena reel lama tidak di pakai. Tetapi yang paling sering terjadi adalah reel kemasukan air sehingga bearing berkarat. Air laut lebih cepatmembuat reel berkarat.

Jika bearing berkarat dan anda belum mendapatkan gantinya, anda dapat memperbaikinya dengan mencucinya dengan cairan pembersih karat. Tetapi kualitas bearing tentunya sudah turun drastis.

Cara Memperbaiki Reel/ Katrol Rusak
bearing
Bearing juga dapat rusak ketika reel digunakan untuk mengahajar ikan besar. Bearing yang rusak karena beban berat tersebut sangat dianjurkan untuk di ganti. Biasanya sudah rusak parah bagian bearingnya.




Jika anda ingin mengganti bearing saya sarankan beli bearing dengan kualitas bagus dan anti karat. Memang harga bearing kualitas bagus bisa tiga kali lipat harga bearing yang berkualitas rendah. Tetapi tentunya reel akan lebih awet.

Sebelum di bearing di pasang pada reel, lebih baik semua komponen reel di cek dan di bersihkan. Bersihkan semua komponen reel menggunakan bensin. Setelah itu baru di pasang lagi ke reel.

Pastikan semua bagian mesin reel di lapisi pelumas sebelum dipasang kembali. Bagian gear di beri peluas berupa grease atau biasa disebut vaselin. Sedangkan bagian bearing diberi pelumas berupa oli. Jangan sampai ke balik ya dan jangan gunakan oli bekas tentunya.


Setelah semuanya di lapisi pelumas baru di pasang kembali ketempat asalnya. Pastikan bagian bagian reel terpasang pada kondisi yang benar.


Setelah semua terpasang, silahkan uji coba reel kesayangan anda. Jika reel masih macet dan bagian main gear serta bagian bagian lainya tidak ada yang patah ataupun rusak, mungkin anda meletakan salah satu bagian reel pada bagian yang salah. Silahkan cek kembali reel anda. Semoga berhasil

0 Response to "Cara Memperbaiki Reel/ Katrol Rusak"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *