Tips dan Umpan Mancing Gurame Liar

Ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang pertumbuhanya cukup lambat. Alasan para angler mancing ikan gurame bukan hanya karena tarikannya yang bikin kangen akan tetapi juga karena ikan gurame terkenal akan rasa dagingnya yang gurih dan lembut.
 
Tips dan Umpan Mancing Gurame Liar
ikan gurame


Habitat asli ikan gurame di alam liar ada di danau dan rawa rawa dengan arus tenang. Akan tetapi sekarang ikan gurame banyak di budidayakan. Walau pertumbuhan ikan gurame memang lambat, tetapi harganya yang mahal serta rasanya yang lezat banyak pembudidaya ikan tertarik membudidayakan ikan gurame.

Bentuk ikan gurame mirip seperti ikan sepat, akan tetapi ikan gurame dapat tumbuh dengan ukuran lebih dari satu kilogram. Warna ikan gurame juga bervariasi, ada yang hitam, Putih, cokelat maupun merah.

Untuk alat mancing ikan gurame sebenarnya standar mancing di sungai. menggunakan joran tegek akan memberikan sensasi lebih tentunya. Jika menggunakan joran spinning usahakan pilihlah ujung yang agak lentur. mancing ikan gurame lebih efektif menggunakan pelampung di banding teknik dasaran atau glosor.

Ketika mancing ikan gurame pilihlah spot yang teduh, karena ikan gurame sering kali berkumpul di tempat tempat yang teduh. Jika di rawa ikan gurame suka bersembunyi di balik kenceng gondok, kangkung atau rumput liar.

Untuk mancing gurame liar seperti di rawa, sungai atau danau lebih baik menggunakan umpan alami, seperti cacing dan serangga. Jangkrik sangat manjur untuk mancing ikan gurame di air tenang. Capung sebenarnya lebih killer dari jangkrik, akan tetapi susah untuk menangkap capung.

Jika menggunakan ulat pisang pilihlah ulat pisang yang masih berukuran kecil. Anda juga bisa menggunakan ulat pada daun padi. Tetapi jangan menggunakan ulat bulu ya. Hehe.

Cacing juga bisa digunakan sebagai umpan mancing gurame liar. Pilihlah cacing merah atau cacing kristal.

Jika anda melihat babon gurame atau ikan gurame tidak mau makan umpan, disarankan menggunakan umpan dari dedaunan atau buah bahan. Ikan gurame besar cenderung menyukai dedaunan seperti daun talas dan daun kangkung. Jika spot anda penuh dengan kangkung anda bisa menggunakan daun kangkung muda di spot tersebut sebagai umpan.

Buah nangka dan ubi jalar juga bisa digunakan sebagai umpan mancing gurame liar. Pastikan buah nangka yang akan di gunakan sebagai umpan mancing gurame sudah benar benar matang. Jika menggunakan ubi jalar pilihlah ubi madu. Jangan lupa ubi jalar di rebus terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sebenarnya mancing ikan gurame di kolam terutama kolam harian dapat menggunakan umpan alami di atas. Akan tetapi biasanya para pemancing kurang mantap kalau mancing di kolam harian tanpa menggunakan umpan racikan. Untuk resep umpan ikan gurame racikan bisa di baca di sini.

0 Response to "Tips dan Umpan Mancing Gurame Liar"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *