Siapa Bilang sungai Banjir nggak ada ikan? edisi Mancing di muara sungai(2)



Nah setelah kemarin membahas mancing saat sungai sedang banjir dan berair keruh, tentunya mancing di sungai. kalau belum baca bisa di baca di Siapa Bilang sungai Banjir nggak ada ikan? (1)

Kali ini kailbayu akan membahas tips mancing di muara sungai saat air keruh. Lho emang ada ikanya?
 
mancing dimuara sungai banjir - kailbayu
muara sungai glagah-kailbayu
Tentu saja ada, namun memang sedikit berbeda caranya dengan memancing di muara sungai saat air jernih. Yuk kita bahas satu persatu.

Oiya jika anda punya trik jitu atau pengalaman tersendiri bisa anda tambahkan dalam komentar.

Target Ikan
Saat air keruh ada beberapa ikan target yang dapat kita pancing, yakni ikan kerapu, kakab bakau, jinis ikan berkumis, luthok, kathing, sembilang dan lundhu serta ikan senangin.

Dari beberapa target tersebut tentunya dapat mempengaruhi jenis umpan dan teknik yang akan digunakan.
Kerapu dan Mangar aka kakap Bakau
Yang pertama mari kita bahas ikan predator penghuni bebatuan  dimuara sungai, yakni kerapu dan ikan kakap bakau atau yang dikenal dengan mangar.

Saat air laut bertemu dengan keruhnya air sungai, habitat inilah yang disukai ikan mangar dan kerapu. Terutama jika air berwarna lemondho, tidak keruh juga tidak jernih, keruh sedikit kehijauan.

Nah jika air berwarna lemondho, pertanda waktu yg tepat untuk memancing ikan mangar dan ikan kerapu. Gunakan umpan ikan hidup, udang hidup atau setidaknya ikan dalam keadaan segar, belut yg di ptong potong juga dapat digunakan lho.

Nah pilihlah spot yang berbatu atau berkayu diantara rerimbunan tumbuhan bakau,yang cukup dalam tentunya.

Memancing ikan mangar dan kerapu memang cukup menantang meski harus menunggu dan cukup membosankan namu tetap harus konsentrasi.

Jika anda lengah dan ikan menyambar umpan, bukan hanya ikan pancing anda tersangkut karena di bawa kasuk kesarangnya, namun satu set pancing anda juga bisa lenya terbawa masuk ke sungai.

Sering lho pancing teman teman yang hilang. Hehe

Keluarga ikan Berkumis (Luthok, kating, sembilang dan lundhu)

Nah untuk keluarga ikan berkumis seprti ikan kating, luthok, sembilang dan lundhu memang biasanya keluar saat sungai banjir, saat sungai berair sangat keruh, merupakan saat yang tepat untuk mancing ikan luthok ataupun ikan sembilang dan keluarganya dimuara sungai.

Untuk umpan tak perlu di pusingkan, mulai dari cacing kolet, cacing lur, cacingunthel, undur undur, keong, kepiting sawah, udang, bahkan ikan akan disambar mengningat ikan berkumis sekeluarga merupakan ikan pemakan segala.

Nah namun yag hasrus di ingat, ikan sembilang, luthok dan kating dan keluarganya memiliki patil yang tajam, dan cukup berbisa.

Jika daya tahan tubuh anda lemah, bukan hanya rasa sakit yang tak tertahankan efeknya, namun juga anda bisa pingsan.

Hati hati ya
Baca Juga

Senangin

Ikan senangin juga biasa disebut ikan kuro, ikan surung atau baleng merupakan ikan laut. namun biasanya juga berada dimuara sungai saat musim hujan dan air sedang keruh, menanti ikan ikan kecil terbawa arus.

Nah jika di muara sungai terdapat banyak busa ketika ombak berdebur anda dapat memancing menggunakan umpan ikan , udang atau undur undur.

Gunakan rangkaian engkel atau beri leader cukup panjang, 0,5 hingga 2 meter. Lalu lempar pada bagian air yang berbusa.


0 Response to "Siapa Bilang sungai Banjir nggak ada ikan? edisi Mancing di muara sungai(2)"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *