Siapa Bilang sungai Banjir nggak ada ikan? (1)


Kailbayu- musim hujan telah tiba, waktunya mancing!!! Nah problem muncul adalah sungai banjir. Banyak yang beranggapan kalau sungai banjir nggak ada ikanya.

Apa benar? Sama sekali tidak. Nah saat sungai banjir dapat dibilang, waktunya ikan ikan monster alias ikan ikan berukuran besar keluar sarang. Untuk mencari mangsa. Nah dalam edisi artikel kali ini kailbayu akan membahas memancing di sungai yang sedang banjir di area pegunungan.
mancing di air keruh kailbayu
mancing di sungai banjir

 k a i l b a y u
Ketika sungai banjir, air berwarna gelap dan berarus deras. Banyak orang berpikir ikan tidak mampu melihat umpan dan terbawa arus. Nah anggapan tersebut mungkin benar untuk ikan ikan berukuran kecil.

Nah sedangkan ikan ikan besar biasanya tetap dapat berenang atau bersembunyi di arus yan tidak terlalu deras. Kali ini ada tips dari kailbayu- untuk mengatasi hal tersebut.

Gunakan Umpan Berbau Amis/ menyengat

Ketika air sungai sedang keruh, sebaiknya menggunakan umpan berbau amis, mengingat penglihatan ikan juga terganggu dengan keruhnya air.
 k a i l b a y u
Misalnya menggunakan jerohan ikan lele atau usus ayam. Biasanya usus ayam juga dibusukan selama tiga hari, karena baunya akan lebih menyengat. (jangan lupa bawa masker kalau pakai umpan ini)
 k a i l b a y u kail.bayu
Cacing juga dapat digunakan lho, namun sebaiknya gunakan cacing jenis unthel. Cacing ini memiliki bau yang khas.
 Baca Juga
umpan Ikan Bader Jitu

Lalu ikan apa saya yg mau menyambar saat air sungai sedang keruh.

Yang pertama ikan sidat atau belut moa. Ikan sidat keluar saat air sedang keruh dan dimalam hari. Sangat air sungai berwarna keruh ikan ini sangat agresif.

Yang kedua ikan sogo dan jenis jenis ikan berkumis lainya, seperrti ikan lembat, luthok, keting, kating wilah, ikan lundhu dan ikan lele.

Ikan putihan seperti bader dan beles juga sangat agresif lho, namun hanya ikan yg berukuran besar saja.

Pilih Arus yang agak Tenang

Saat banjir dan sungai berarus deras, tentunya ada bagian bagian sungai yng memiliki arus cukup tenang, biasanya ditikungan sungai atau di balik batu. Nah biasanya banyak ikan yang berukumpul disana bersembunyi dari arus sungai.

Nah coba lempar saja umpan kesana, biasanya ikan sangat agresif begitu mencium bau umpan yang menyengat dan langsung menyambarnya.

Sesuaikan timah pemberat
Nah agar umpan dapat berada pada titik yang diinginkan, gunakan timah pemberat sesuai dengan arus sungai. biasanya bisa sampai 60 gram kalau arus cukup besar, dan ingin berburu ikan sidat. Mengingat senar yg digunakan cukup besar.


Namun , jika kekuatan joran, reel dan senar juga harus diperhatikan dalam pemilihan pemberat.

0 Response to "Siapa Bilang sungai Banjir nggak ada ikan? (1)"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *