Candi Sambisari, Candi Hindu yang Sempat Terpendam


Candi Sambisari merupakan salah satu komplek candi yang berada tak jauh dari candi Prambanan, atau wisatawan mancanegara menyebutnya hidden temple, candi yang tersembunyi.
candi dekat prambanan, candi di sleman
candi Sambisari

Nah bagi anda yang berkunjung Ke Jogja, harus mampir ne ke Candi Smabisari, selain untuk belajar, suasana di Candi Sambisari sangat nyaman dan instagramable tentunya untuk berselfi ria. Kali ini kailbayu tak akan hanya membahas, rute,lokasi maupun harga tiket candi Sambisari saja lho, namun juga sejarah dan arsitekturnya juga.

Candi Sambisari merupakan candi Hindu, khususnya dipersembahkan oleh dewa Siwa.  Candi Sambisari terletak di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kira-kira 12 km di sebelah timur laut kota Yogyakarta atau hanya 4 km di sebelah timur kompleks Candi Prambanan.

Ketika cuaca sedang cerah, anda dapat melihat kemegahan gunung Merapi di sebelah utara candi Sambisari.

Sejarah
Candi Sambisari dibangun pada abad ke-9 masehi, yakni pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Hindu- Budha.

Penemuan
Candi Sambisari sempat hilang tertimbun material letusan gunung Merapi, yang letaknya tak jauh di sebelah utara. Konon, area candi Sambisari merupakan bagian dari aliran lahar dingin dari gunung Merapi. Setelah letusan besar Gunung Merapi pada tahun 1006.

Candi sambisari terpendam cukup dalam, yakni sedalam 6,5 hingga 7 meter. Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani dari Desa Sambisari bernama karyo Winangun ketika sedang beraktifitas di sawah. Kemudian pada tahun 1986, Dinas Purbakal Yogyakarta memugar candi Sambisari.

Nama desa tempat penemuan candi, kemudian di digunakan untuk memberi nama candi ini, yakni Candi Sambisari.

Arsitektur

Di Candi Sambisari, terdapat candi utama yang sudah direstorasi dengan sangat baik dan tiga buah candi perwara yang hanya tinggal bagian bawahnya saja dan komplek candi ini juga sambisari dikelilingi oleh 2 pagar batu.

Seperti halnya candi Siwa di komplek Candi Prambanan, di Candi Sambisari terdapat patung Ganesha, patung Agastya atau siwa mahaguru, patung Durga Asyura Mahesa Mardhani.

Namun tidak terdapat patung Dewa Siwa di ruang utama, melainkan sebuah lingga dan Yoni yang cukup besar.

Dulu juga terdapat patung mahakala di candi utama, namun sudah hilang dicuri. Di komples candi ini cuga ditemukan prasarti yang terbuat dari emas, payung dewi, dan juga tembikar yang dapat anda lihat di museum kecil di pojok barat daya komplek candi sambisari.

Tiket dan Rute


Tiket masuk candi sambisari sangat terjangkau, yakni rp 10.000,- untuk wisatawan asing dan hanya Rp 5.000,- saja untuk wisatawan lokal.

0 Response to "Candi Sambisari, Candi Hindu yang Sempat Terpendam"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *