Menyeberang Ke Pulau Kalong dari Pantai Sinden

Menyeberang Ke Pulau Kalong dari Pantai Sinden

Nah bagi pecinta wisata yang memacu adrenalin, kali ini kailbayu akan membahas salah satu pantai dengan wahana yang menantang serta spot foto yang ciamik di pantai Selatan Gunung Kidul yakni Pantai Sinden dan pulau Kalong.
 kail.bayu
Pulau Kalong atau yang juga sering disebut dengan nama pulau Gelatik oleh masyarakat sekitar merupakan sebuah pulau yang berada di seberang pantai Sinden.

Dikenal dengan nama pantai Kalong, konon katanya dulu banyak kalong di pulau tersebut, yakni hewan mirip kelelawar berukuran besar.

Ada juga yang menyebutnya pulau Gelatik, karena memang, selain di huni kawanan Kalong, dulu burung gelatik juga merupakan penghuni pulau tersebut.


Di pantai Sanden kamu bakal di sambut oleh suara dentuman ombak yang menabrak Karang. di sini memang kamu nggak bisa bermain pasir, namun menikmati keindahan laut dari atas tebing batuan karst yang indah.
foto, rute, peta, lokasi, pantai sinden, gunung kidul, jogja
Jembatan dari Pantai Sinden ke Pulau Kalong, Sumber ig @  andhika_eky
Kailbayu menyarankan untuk tak lupa membawa kacamata polarize, yang akan menghalau silaunya sinar matahari sehingga kamu dapat melihat ke air dengan jelas.

Sesekali kamu dapat melihat ikan ikan dan penyu berenang di bawah kamu atau berenang menyusuri karang.

Pantai Sinden dan pantai kalong Memang banyak ikanya dan terkenal sebagai surganya para pemancing. Ikan tenggiri, kerapu, barakuda, giant trevally dan masih banyak lagi menjadi incaran para pemancing di pulau kalong.

Tak hanya itu saja, banyak nelayan dan pemancing yang juga mencari loster di pantai Sinden.

Pantai Sanden yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia dan banyak gugusan karang di bawah air disukai oleh ikan ikan monster untuk bersarang.

Bagi kamu yang ingin merasakan keindahan Pulau Kalong atau Pulau Gelatik, kamu dapat menyeberang melalui jembatan gantung yang terbuat dari kayu dan tali yang di sediakan oleh pengelola sejauh empat puluh meter.

Tentunya perjalalan meniti jembatan dengan ombak besar dibawahmu akan membuat jantungmu berdebar dan menjadi pengalaman yang tak akan kamu lupakan dan ingin mencoba lagi.

Selain jembatan, kamu juga bisa naik kereta gantung, tak kalah menantang dan akan memacu adrenalinmu tentunya. Naik kereta gantung diatas lautan tentunya akan membuatmu ketagihan jika kamu suka tantangan.

Rasa lelahmu akan terbayarkan setelah sampai di pulau Kalong, pemandangan yang indah dan instagramable tentunya dapat kamu jadikan spot foto yang ciamik.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sinden dan Pulau Kalong
Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sinden dan Pulau Kalong


Pantai Sinden terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Daerah istimewa Yogyakarta. terletak tak Jauh dari pantai Wediombo dan Pantai Jungwok.

Dari kota Jogja kamu kan menempuh perjalanan selama dua jam dengan menempuh jarak sejauh sembilan puluh kilometer.

Untuk sampai di pantai Sinden dan pulau kalung, kamu dapat terlebih dahulu menuju pantai Jungwok untuk memarkirkan kendaraanmu.
 kail.bayu
Dari pusat kota Jogja, kamu dapat memacu kendaraanmu melalui jalan Wonosari yang bakal menuntunmu menuju kota Wonosari, ibukota kabupaten Gunung Kidul. Setelah itu ke arah timur, ke arah Semanu. Di Semanu kamu bakal menemui petunjuk arah menuju pantai Wediombo, yakni belok ke arah selatan atau ke kanan jika kamu dari Jogja.

Pantai Jungwok dan pantai sinden memang dekat dengan pantai Wediombo, jadi kamu dapat mengikuti petunjuk arah tersebut.

Nah tinggal ikuti saja petunjuk arah tersebut, kamu bakal sampai di desa Jepitu, Girisubo. Nah tak jauh dari TPR Wediombo, kamu bakal menemukan petunjuk arah menuju pantai Jungwok. Silahkan belok ke kiri. Petunjuk arah tersebut juga pertanda jika kamu tak lama lagi akan menikmati keindahan pantai Jungwok.
 kail.bayu
Dari pantai Jungwok, kamu bakal tracking menuju pantai Sinden dengan berjalan kaki yang tentunya akan melewati pemandangan yang indah. Selain ladang penduduk dan hijaunya pepohonan, kamu juga bakal melewati salah satu pantai yang tersembunyi di Gunung Kidul, Yakni pantai Greweng.

Karena perjalanan yang menyenangkan ini cukup jauh, jangan lupa membawa bekal dan air minum yang cukup ya. Jangan lupa jaga kebersihan.

0 Response to "Menyeberang Ke Pulau Kalong dari Pantai Sinden"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *