Mancing Ikan Monster di Waduk Sermo


Waduk Sermo merupakan  waduk buatan yang terletak di pegunungan Menoreh, tepatnya di kecamatan kokap, kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, kurang lebih 8 km barat daya kota Wates, ibu kota Kulonprogo.

Waduk yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 november 1996 membendung sungai Ngrancah. Dengan akses yang sangat mudah, hanya diperlukan waktu kurang lebih 10 menit dari kota Wates dan kurang lebih 45 menit dari pusat kota Jogja untuk sampai di waduk Sermo.
 kail.bayu
mancing ikan air tawar besar, monster, waduk semo, kulon progo,jogja, yogyakarta
ikan grasscarp hasil mancing di Waduk Sermo
sumber Kiriman Prasetya Exo di Mancing Kulon Progo
Waduk Sermo sejak lama terkenal sebagai spot memancing yang syahdu, dengan angin sepoi sepoi dan pemandangan yang indah membuat pemancing betah berlama lama menanti sambaran umpan.

Umumnya ikan nila menjadi target buruan para mancing mania. Berbekal lumut, pada hari libur para pemancing memadati waduk sermo yang cukup luas.


Kali ini kailbayu akan berbagi tips mancing ikan monster di waduk Sermo. Yang dimaksud dengan ikan monster bukan ikan yang mengerikan seperti di film film lhoya, namun ikan ikan berukuran besar.

Waduk sermo memang dikenal sebagai waduk yang indah, jadi bukan hanya para mancing mania yang berkunjung di waduk yang berada di pegnungan menoreh ini. Para wisatawan dari luar kota bahkan luar negeri datang untuk menikmati keindahanya.

Sebelum ikan red devil menyerang waduk Sermo,waduk sermo menjadi surganya para pemancing, bukan hal sulit untuk menangkap ikan nila dan tawes burukuran lebih dari satu kilogram.

Kini, waduk Sermo dipenuhi ikan red devil, namun bukan berarti ikan besar sudah tidak ada lho ya.

Masih banyak kok ikan ikan besar di waduk sermo, hal ini dibuktikan dengan beberapa kali pemancing mendapatkan ikan dengan bobot lebih dari lima belas kilogram di waduk Sermo.

Itu menjadi bukti bahwa di waduk sermo masih dihuni ikan ikan air tawar berukuran besar.

Kali ini, kailbayu akan membahas cara memancing ikan besar di waduk Sermo tanpa di ganggu ikan red Devil.

Ikan Sidat

Sidat berukuran besar masih banyak di jumpai di Sermo. Konon katanya, di Waduk Sermo di huni oleh ikan sidat berukuran sebesar pohon kelapa.

Sangat besar bukan?

Namun mancing sidat di waduk Sermo nampaknya cukup sulit mengingat waduk Sermo sangat luas. Namun kamu tak perlu khawatir, kamu dapat memancing ikan sidat di sekitar sungai di sebelah barat dan di timur waduk Sermo.

Nah jangan lupa menggunakan mata kail dan senar berukuran besar dan kuat ya. Mengantisipasi umpan yang kamu lempar dimakan ikan sidat berukuran besar.

jangan lupa gunakan umpan favorit ikan sidat yakni gendon, burung pipit, atau cacing. gunakan cacing untel berukuran besar jika ingin menggunakan cacing sebagai umpan

Ikan Nila

Ikan nila menjadi salah satu target utama para pemancing di waduk Sermo.

Walau tak sebanyak dahulu, mancing nila di waduk Sermo masih menjajikan.

Memancing ikan nila dengan udang hidup dan cacing di waduk Sermo nampaknya kurang efektif, mengingat tingginya populasi ikan red devil.

Ikan red devil akan menyambar umpan kamu lebih cepat dibanding ikan nila.untuk itu sebaiknya menggunakan lumut dengan tekstur yang kasar. Selain tidak diganggu red devil, ikan nila babon atau ikan nila berukuran besar sablngat menyukainya.

Lumut kasar biasanya berwarna hijau ketika di air, dan sedikit kekuningan ketika di angkat. Lalu saat diangkat,lumut tidak berminyak dan tidak terlalu berair. Selain itu teksturnya kasar.

Ikan Gabus Malas

Ikan Gabus malas, atau lebih sering dikenal dengan nama ikan betutu cukup banyak ditemui di Waduk Sermo. Ikan betutu di Waduk Sermo besar besar lho.
 kail.bayu
Tak jarang pemancing mendapat ikan gabus malas sebesar paha orang dewasa.

Nah untuk mancing gabus malas sebaiknya menggunakan cacing unthel,

Pilh spot di Waduk Sermo yang dalam, biasanya ikan betutu menunggu mangsanya dengan berdiam diri di dasar waduk.
 Baca Juga 

Ikan Grasscarp
 kail.bayu
mancing ikan air tawar besar, mancing jogjakarta, kulon progo, waduk sermo
ikan brasskap dr waduk Sermo
sumber foto kiriman Fajar Dwi di Mancing Mania Jogjakarta
Ikan grasscarp atau lebih dikenal dengan nama braskarp menjadi salah satu ikan monster penghuni waduk sermo.

Tak jarang para pemancing mendapatkan ikan braskarp dengan bobot lebih dari lima belas kilogram.

Untuk mengantisipasi umpan anda disambar ikan braskap, gunakan pancing dengan senar yang cukup panjang tergulung di rell untuk menaklukanya.

Umpan ikan braskap seperti umpan untuk ikan nila, meski anda dapat menggunakan rumput blembem atau kangkung sebagai umpan, lumut kasar lebih direkomendasikan.



0 Response to "Mancing Ikan Monster di Waduk Sermo"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *