Indahnya Sunrise di Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo, merupakan salah satu puncak tertinggi pegunungan Menoreh di Kulon Progo yang terkenal sebagai objek wisata alam sejak lama.Dapat dibilang, puncak Suroloyo sudah ngehits sebelum adanya sosial media.
 
sunrise, negeri diatas awan, kulon progo, suroloyo
Puncak Suroloyo, sumber foto ig @ rossiab
Puncak Suroloyo terletak di ketinggi 1019 mdpl, dimana kamu dapat melihat kota jogja dan candi Borobudur dari atas ketinggian dengan suasana yang tenang dan sejuk.

Puncak suroloyo memiliki beberapa puncak yang memiliki gardu pandang dan nama sendiri di setiap puncaknya. Nah, disetiap puncak juga memiliki pemandangan yang berbeda beda lho.

Di Puncak Suroloyo terdapat tiga buah puncak dan gardu pandang yang sering disebut sebagai pertapaan, yakni Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran.
 kail.bayu
Pendopo yang pertama adalah Pertapaan Suroloyo. Lokasi Pertapaan Suroloyo berada di paling bawah dibandingkan dengan dua pendopo yang ada di puncak Suroloyo lainya.dari pendopo Suroloyo, kamu dapat melihat candi Borobudur dari atas lho.

Selanjutnya Pertapaan Sariloyo. Pertapaan Sariloyo terletak 200 meter di pertapaan Suroloyo. Kamu dapat melihat Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro dari sini.

Ada  empat gunung besar di Pulau Jawa yang dapat kamu lihat dengan jelas dari puncak Suroloyo, yakni gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

Perjalananmu akan dilanjutkan dengan menaiki tangga sejauh dua ratus meter menuju pendopo ketiga, yakni pertapaan Kaendran. Dari sini kamu akan melihat indahnya bentang alam Kulon Progo dan sekitarnya, samar samar terlihat birunya lautan dari sini.

Gemerlap lampu kota Jogja pun terlihat dari kejauhan di malam hari.

Puncak Suroloyo merupakan salah satu tempat terindah di Jogja untuk menikmati sunrise, terbitnya sang surya di ufuk timur. Tak hanya untuk menikmati matahari terbit, para traveler juga datang ke puncak Suroloyo di sore har untuk menikmati romantisnya senja kala sang mentari terbenam di ufuk barat.

Bagi kamu yang ingin menikmati sunrise, di puncakSuroloyo terdapat penginapan lho dengan harga yang terjangkau.
 kail.bayu
Lokasi dan Rute Menuju Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo terletak sekitar 48 kilometer dari pusat Kota Jogja dan merupakan perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah, tepatnya di Dusun keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
 Baca Juga
Dari pusat kota Jogja, kamu dapat menuju tugu Jogja yang kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan menyusuri jalan Godean ke arah barat sampai bertemu sungai Progo. Dari jembatan Progo lurus saja sampai bertemu perempatan Nanggulan. Nah lalu belok kanan sampai di Perempatan Dekso. Di Perempatan Dekso Belok kiri dan ikuti petunjuk arah Menuju Puncak Suroloyo.

Mengingat lokasi puncak Suroloyo berada di kawasan pegunungan, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima ya.


0 Response to "Indahnya Sunrise di Puncak Suroloyo"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *