Mancing Ikan Air Tawar Besar


Para mancing mania tentunya sudah sering melihat tayangan pemancing dapat ikan besar di laut, baik di Tv maupun di youtube, atau mungkib malah merasakan sendiri, sensasinya bertarung dengan ikan ikan besar di lautan.

Nah, sebenarnya untuk mancing ikan besar tidak harus di laut lho, ikan ikan besar dapat juga kita pancing di air tawar, baik di danau maupun sungai.

Lalu ikan air tawar apa sajakah yang mampu tumbuh besar dan masih dapat kita temui saat ini?

Ikan Jambal

Ikan jambal atau ikan patin merupakan ikan pemakan segala, mulai dari cacing, sayuran, serangga dan buah buahan akan di lahap oleh ikan patin.

Meskipun ikan patin pertumbuhanya tidak secepat ikan lele, namun ikan patin merupakan ikan air tawar yang dapat tumbuh besar dan masih dapat kita pancing di sungai-sungai di Indonesia.

Ikan jambal berukuran puluhan kilogram masih dapat kita temui di perairan air tawar pulau Jawa lho, salah satunya di sungai Bengawan Solo.

Ikan Toman

Ketika biacar mancing ikan besar air tawar di Indonesia, mungkin terbesit nama ikan Toman. Ya, ikan toman yang memiliki nama giant snake head ini memang ikan predator yang menjadi idola, bahkan di luar negeri.

Ikan toman dapat kita jumpai di perairan air tawar pulau Kalimantan, terutama di rawa rawa. Ikan toman memang menyukai perairan tenang dan biasanya bersembunyi dan menunggu mangsa di balik tumbuhan air.

Saking besarnya ikan toman, ikan teman dipercaya berani menyerang manusia yang mengganggunya.

Ikan Grasscarp (Braskap)

Ikan Air Tawar Terbesar di Indonesia
ikan grascarp dari Waduk Sermo-kiriman di grup Mancing Kulon Progo

Ikan Grasscarp atau lebih sering dipanggil dengan nama braskap ini merupakan ikan herbivora. Ya, seperti namanya, ikan Grasscarp merupakan ikan pemakan rumput.

Namun jangan salah, meskipun ikan ikan grasscarp bukan merupakan ikan predator, ikan grasscarp merupakan ikan air tawar yang bisa tumbuh besar dengan bobot lebih dari sepuluh kilogram.

Ikan grasscarp masih dapat kita pancing di perairan air tawar pulau jawa, baik di danau maupun sungai, misalnya di Waduk Sermo, dan Sungai Progo di Yogyakarta.


Selain rumput, anda juga dapat menggunakan lumut atau sayuran hijau sebagai umpan.

Ikan Lele

Siapa yang tidak tahu ikan lele? Ikan lele juga meruapakan ikan air tawar yang mapu tumbuh besar lho.

Ikan lele dengan bobot lebih dari sepuluh kilogram masih dapat kita pancing di sungai sungai di Indonesia.

Namun untuk mancing ikan air tawar berukuran besar satu ini, dibutuhkan sebuah keberanian ekstra. Mengapa? Selain ikan lele memiliki patil yang tajam, ikan lele juga merupakan hewan nocturnal.

Oleh karena ikan lele merupaka ikan nocturnal atau aktif di malam hari, terutama dalam mencari makan, akan lebih efektif jika anda memancing ikan lele di malam hari.

Ikan Bawal

Salah satu ikan pemakan air tawar yang mampu dapat tumbesar ialah ikan bawal. Ikan bawal berukuran besar tidak hanya dapat kita temui di alam liar, namun sekarang banyak kolam kolam pemancingan yang menyediakan ikan bawal berukuran besar.

Gigi gigi ikan bawal yang berderet rapi dan tajam menjadi tantangan tersendiri bagi mancing mania.

Untuk mancing ikan bawal sebenarnya gampang gampang susah, karena sebenarnya ikan bawal merupakan pemakan segala, mulai dari sayuran, daging, ikan kecil, cacing, buah buahan dan telur akan di lahapnya.


Namun setiap ikan bawal di spot alam liar atau kolam memiliki selera makan yang berbeda. Oleh karena itu kita harus jeli dalam memilih umpan.

0 Response to "Mancing Ikan Air Tawar Besar"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *