Ikan Kekel, Si Mungil yang Cantik


Pernahkah anda mendengar nama ikan kekel?

Pernahkah anda melihat ikan kekel?

Kalau belum pernah, fotonya ada dibawah ini. Cantik bukan?
Kailbayu.com
Mari berkenalan dengan Ikan Kekel. Kali ini kailbayu akan membahas ikan kekel.

Ikan kekel merupakan ikan asli Indonesia lho. Ikan kekel juga dikenal dengan nama ikan nyoho, ikan kehkel atau ikan nyo’o. Ada juga yang menyebut ikan kekel ikan tempel watu , karena ikan kekel hidup menempel pada bebatuan di sungai.
ikan langka, ikan kekel, ikan nyo o, ikan nyoho, ikan nempel di batu, ikan kehkel kehkel
ikan kekel, sumber ig @wawan_wiro212

Dulu, ikan kekel dapat dengan mudah dijumpai dan ditangkap di sungai sungai di Jawa Tengah Dan Jogja. namun Kini cukup sulit untuk menemukan ini. Saat ini ikan kekel hanya dapat ditemukan di sungai sungai teretentu saja.
Kailbayu.com
Hal ini disebabkan karena banyaknya orang yang menangkap ikan dengan menggunakan racun dan setrum. Ukuran ikan kekel yang tergolong kecil sangat mudah mati jika terkena racun ataupun setrum. Kini ikan kekel atau ikan nyoho ini mulai langka.

Ikan kekel dapat dijumpai di sungai berbatu atau berpasir. Jadi jika suatu sungai tidak ada batu dan pasir dan dasarnya berupa lumpur, kemungkinan besar sungai tersebut tidak terdapat ikan kekel.

Selain itu, ikan kekel menyukai aliran sungai dengan arus yang deras.
Kailbayu.com
Ikan kekel memiliki warna coklat dengan corak hitam dan merah. Ikan ini sangat cantik dan sering dijadikan ikan hias. Ikan yang juga populer dengan nama ikan nyoho ini juga memiliki kumis sepertihalnya ikan lele.

Namun ikan kekel tidak bisa tumbuh besar, ukuran ikan kekel hanya sebesar jari orang dewasa. Ikan kekel sangat mudah ditangkap dengan tangan kosong, selain karena ukuranya yang kecil,  ikan ini juga sangat jinak.

Seperti halnya ikan sapu sapu, ikan kekel hidup menempel di bebatuan dan memakan lumut yang tumbuh di batu. Tak jarang, ikan kekel juga ditemukan bersembunyi dibalik lumut yang tumbuh memanjang di bebatuan.

Namun ikan kekel tidak bisa tumbuh besar, ukuran ikan kekel hanya sebesar jari orang dewasa. Ikan kekel sangat mudah ditangkap dengan tangan kosong, karena ikan ini sangat jinak.



0 Response to "Ikan Kekel, Si Mungil yang Cantik "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *