Pantai Sundak, Pantai Menawan di Balik Pegunungan Seribu

Jika berbicara mengenai pantai pantai yang cantik di Gunung Kidul, rasanya ada yang kelewatan jika belum membahas pantai Sundak.

Pantai Sundak memang menjadi salah satu wisata pantai di Gunung Kidul yang populer. Maka tak heran jika pantai Sundak menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta.
rute, hotel, camping round, fasilitas, tiket masuk harga pantai sundak
Pantai sunda. sumber foto : ig @id.penjelajah


Seperti ciri khas pantai di Gunung Kidul lainya, di pantai Sundak anda akan di manjakan dengan hamparan pasir putih yang berpadu dengan batuan karang dan perbukitan khas. Alunan ombak pantai selatan menambah pesona pantai yang memiliki cerita yang menarik dan populer ini.

Cerita tersebut adalah mengenai asal mula nama pantai Sundak.

Nama Sundak berasal dari dua nama hewan yakni “Su” dari kata asu yang berarti anjing dan ndak dari kata landak.

Baca juga
Pesona Pantai Siung

Zaman dahulu hiduplah seekor anjing. Anjing tersebut kelaparan dan mencari makan. Sampailah anjing tersebut di dalam gua di pantai Sundak ini.

Di dalam gua anjing tersebut bertemu dengan seekor landak laut. akhirnya terjadilah sebuah pertarungan antara landak laut dengan anjing tersebut. Pertarungan tersebut dimenangkan oleh anjing.

Pemilik anjing menemukan anjingnya keluar dari gua dengan membawa sisa landak laut yang dia makan dengan basah kuyup. Pemilik anjing pun penasaran dan masu ke dalam gua, bukan karena landak laut tersebut, namun karena anjing tersebut basah kuyup.

Ternyata di dalam gua tersebut terapat sebuah mata air. Sampai sekarang, mata air tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar pantai sundak dimanfaatkan untuk keperluan sehari hari.

Sampai kini, pantai yang catik tersebut dikenal dengan nama pantai Sundak.

Jika anda berkunjung ke pantai Pulang Sawal, pantai Drini, ataupun pantai Baron, sayang rasanya jika tidak menyempatkan untuk berkunjung ke pantai Sundak. Atau Anda yang sedang liburan di kota Gudug ini, anda sebaiknya meluangkan waktu untuk berkunjung ke pantai Sundak.

Pantai Sundak berada di desa Sukoharjo, Tepus, Gunung Kidul. Dari kota Jogja anda akan menempuh kurang lebih dua jam perjalanan untuk sampai ke pantai Sundak.

Pemandangan yang Indah tidak hanya akananda temukan di pantai Sundak, namun di sepanjang perjalanan, mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang mungkin tidak akan anda lupakan.

Penasaran?

Yuk berkunjung ke pantai Sundak.

Rute menuju pantai Sundak dari pusat kota Jogja cukup mudah, yakni menyusuri jalan Wonosari. sampai di kota wonosari silahkan belok ke selatan melalui jalan Baron. Ikuti saja jalan baron, nanti di perjalanan sudah ada petunjuk arah menuju pantai Sundak.

Untuk menuju pantai sudak, dari pantai Baron anda hanya perlu menyusuri jalan pantai selatan ke arah timur. Nanti anda akan menemukan beberapa pantai yang cantik, termasuk panta Sundak.


Fasilitas di pantai Sundak sudah lengkap lho. Di pantai sundak juga sudah tersedia gubuk gubuk yang dapat anda sewa untuk sekedar beristirahat atau bersantai sembari menikmati keindahan pantai Sundak.

0 Response to "Pantai Sundak, Pantai Menawan di Balik Pegunungan Seribu"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *