Memperbaiki Reel Macet dengan Minuman Soda


Kali ini kailbayu akan berbagi sebuah trik yang cukup unik, sederhana namun sangat membantu di saat darurat. Darurat pengen mancing maksudnya, hehe.

Yakni  cara memperbaiki reel pancing yang macet, tidak mau di putar, menggunakan minuman bersoda.

Emang bisa?, bisa dong, cara ini sudah pernah kailbayu coba.

Beberapa tahun yang lalu, waktu masih awal awal mancing. Reel kailbayu tanpa sengaja terendam air laut saat memancing, dan air pun masuk ke dalam reel.
trik cara memperbaiki reel rell katrol pancing
Minuman bersoda

Sampai di rumah, karena cukup lelah setelah memancing, reel tersebut hanya kailbayu cuci tanpa membongkar dan membersihkan dalam reel.

Alhasil keesokan harinya, reel tersebut macet, sama sekali tidak mau diputar. Rencana mancing pun gagal dan akhirnya waktu untuk mancing malah digunakan untuk membongkar reel.

Setelah dibongkar, bagian reel yang macet adalah ballbearing. Dua dari beberapa ball bearing macet karena berkarat setelah terkena air laut.

Saat itu kepikiran, salah seorang teman kailbayu memberi tahu cara memperbaiki ballbearing yang berkarat dengan minuman bersoda.

Tanpa berpikir panjang, kailbayu langsung mencobanya, dan ternyata benar. Ballbearing dapat berputar dengan baik.
Baca Juga

Lalu bagaimana caranya?

Caranya simple, sediakan wadah berukuran kecil, yang penting cukup untuk tempat ball bearing dan tidak bocor.

Setelah itu masukkan ball bearing dan minuman bersoda. Setelah didiamkan beberapa detik, ambil ball bering dan ketuk ketukan perlahan ke meja atau lantai supaya karat dapat keluar.

Lakukan cara ini berulang ulang sampai ball bearing dapat berputar. Namun tentunya, untuk ball bearing yang karatnya sudah parah, lebih baik diganti ya.

Selanjutnya, sebelum reel dirangkai kembali, beri pelumas pada ball bering. Saya sarankan menggunakan oli yang masih baru, jangan menggunakan oli bekas.

Jangan lupa bersihkan komponen reel lainya dan kalau perlu ganti grease pelumas reel tersebut.

Silahkan dicoba.

trik ini memperbaiki reel menggunakan minuman bersoda ini dapat anda coba pada reel yang belum parah, dalam artian ballbearing tidak berkarat terlalu parah.

Mengingat ball bearing berukuran kecil seperti yang terdapat pada komponen reel pancing, cukup susah untuk di cari.


Namun jika ballbearing sudah rusak parah, mau tidak mau ya tetap harus menggantinya dengan yang baru.

0 Response to "Memperbaiki Reel Macet dengan Minuman Soda "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *