Pesona Hutan Pinus di Puncak Becici

Yogyakarta tak hanya menawarkan wisata budaya dan peninggalan sejarah saja, namun kota Jogja juga menawarkan wisata alam yang mempesona, salah satunya Hutan Pinus Puncak Becici.

Hutan Pinus Puncak Becici terletak di kabupaten Bantul, tepatnya di desa Muntuk, Kecamatan Dlingo.


pucak becici. Sumber foto @pesonaimogiri

Awalnya Hutan Pinus Puncak Becici merupakan hutan lindung yang di kelola oleh RPH Mangunan. Pohon pinus di kawasan hutan ini diambil getahnya sebagai bahan untuk membuat terpetin dan gondokurem.

Berdasarkan legenda yang dipercaya leh masyarakat, nama Hutan Pinus Puncak Becici berasal dari dua kata, yakni Ambeg  dan Bersuci.

Ambeg memiliki arti bertapa atau berdiam diri, sedangkan Bersuci  memiliki arti  melepaskan diri hal hal yang bersifat duniawi.

Dahulu, Putra pendiri desa Muntuk, KRT Soedjono Dipoero, tetirah atau bertapa dan petilasanya ada di Hutan Pinus Puncak Becici.
 Baca Juga

Rute menuju Hutan Pinus Puncak Becici.

Ada due rute menuju Hutan Pinus Puncak Becici. Yang pertama, jika anda dari kota Jogja, anda dapat melewati Jalur imogiri. Nanti anda akan menemukan petunjuk arah, silahkan mengikuti petunjuk arah tersebut anda akan sampai di lokasi.

Dan bagi anda yang menggunakan mobil atau bus, anda disarankan melewati jalur kedua, yakni melewati jalan wonosari. dari kota Jogja silahkan menyusuri jalan Wonosari ke arah timur.

Setelah anda melewati Bukit Bintang, anda akan bertemu pertigaan Patuk. Dari pertigaan patuk silahkan belok kearah selatan, kurang lebih 7 kilometer.
Pesona Hutan Pinus di Puncak Becici rute, lokasi
Barrack Obama di puncak Becici, Sumber ig @puncak_becici

Pesona Hutan Pinus Puncak Becici

Pesona Hutan PinusPuncak Becici dapat dinikmati sepanjang hari. Di pagi hari anda dapat menikmati sejuknya udara khas hutan pinus.

Di siang hari pun anda dapat berfoto di beberapa spot yang tersedia tanpa merasa panas, karena rimbunya pepohonan pinus akan melindungi anda dari sengatan panas matahari.

Di sore hari anda dapat menikmati romantisnya senja sembari melihat detik detik terbenamnya sang surya.

Malam hari? Anda dapat berkemah di sini, terdapat camping ground dan penyewaan tenda di hutan pinus. Selain itu anda dapat menikmati gemerlapnya lampu kota Jogja dari ketinggian Hutan Pinus Puncak Becici.

Keindahan Hutan Pinus Puncak Becici memang tak diragukan lagi, manta Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pun berkunjung ke sini saat beliau berkunjung ke Yogyakarta.

Bukan hanya pemandangan kota Jogja yang dapat anda nikmati dari hutan Pinus Puncak Becici. Angin yang berhembus ke rindangya pohon pinus akan menghasilkan musik alam yang indah yang akan menemani anda melihat megahnya Gunung Merapi, Sumbing, Merbabu dan Sindoro.

Fasilitas di Hutan Pinus Puncak Becici

Selain anda dapat berkemah di Hutan Pinus Puncak Becici, anda juga dapat berfoto di beberapa spot yang ciamik di hutan pinus Puncak Becici. Selain itu di sini juga terdapat gardu pandang dan juga gazebo.


Jika anda ingin berkemah di hutan Pinus Puncak Becici, selain terdapat camping ground, di sini juga terdapat penyewaan tenda dan hammock.

0 Response to "Pesona Hutan Pinus di Puncak Becici"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *