Berburu Cendro sembari Ngoyor di Pantai Sadeng



Ngoyor merupakan salah satu teknik mancing yang di lakukan sembari berendam atau masuk kedalam air dengan kedalaman tertentu ntuk menjangkau spot yang kita inginkan.

Mancing Ngoyor juga disebut dengan nyobok, dan mungkin istilah mancing ngoyor berbeda beda disetiap daerah.

Mancing ngoyor memang cukup berbahaya, apalagi bagi pemancing yang tidak bisa berenang dan tidak mengenali spot yang akan ia gunakan untuk memancing tersebut.

Namun mancing ngoyor akan memberikan sensasi tersendiri bagi para mancing mania. Apalagi ketika melihat ikan menyambar umpan di depan , bahkan dibawah pemancing.

Beberapa waktu yang lalu, kailbayu berniat casting di dermaga pelabuhan Sadeng. Dengan berbekal satu set alat pancing dan beberapa minnow kailbayu pun berangkat ke Pantai Sadeng.
Ikan cucut, pantai gunung kidul, mancing di jogja, spot mancing jogja
Ngoyor Di Pantai Sadeng



Sesampainya di Sadeng ternyata KailBayu tidak menemui pemancing di Sekitar kapal bersandar, beberapa penduduk lokal memberitahu kailbayu bahwa saat ini sedang musim ikan Cendro atau panjo, dan spotnya berada di ujung selatan pantai Sadeng.

Tanpa menunggu waktu lama kailbayu bergegas menuju spot yang ditunjukan oleh penduduk lokal. Dari kejauhan nampak beberapa pemancing ngoyor di sebelah selatan dermaga.

Melihat salah satu pemancing bertarung melawan ikan panjo pun semakin kailbayu ingin nyebur dan bergabung bersama mereka.

Ikan panjo melompat kesana kemari, seakan sedang menari akrobatik saat menghadapi perlawanan dari pemancing.
ikan cendro, ikan panjo, mancing di jogja, spot karangan, spot rock fishing
ikan Cendro/ panjo

Pemandangan ini tentunya akan membuat tangan anda gatal dan ingin segera ikut melempar umpan yang anda bawa.

Nah kailbayu sekarang akan berbagi tips mancing Ngoyor di Sadeng.

Jangan Sendirian

Bagi anda yang hendak mancing Ngoyor di pantai Sadeng, hendaknya tidak sendirian. Dan sangat di sarankan bersama pemancing lokal yang sudah hafal spot pantai Sadeng.

Berangkat mancing di pantai Sadeng lebih baik di pagi hari, karena umumnya  para pemancing di pantai Sadeng sudah mancing sebelum jam enam pagi.

Jadi sebelum anda ngoyor, anda dapat berbincang dan berkonsultas mengenai spot spot yang potensial dan aman.

Saat mancing ngoyor di pantai Sadeng, kailbayu bertemu para pemancing lokal yang ramah. Mereka berbagi tips, teknik mancing serta memberi tahu tips aman mancing di Sadeng.

Karena memang terdapat beberapa titik yang sangat berbahaya, karena ombak besar bisa datang kapan saja secara tiba tiba.

Gunakan Alat Keamanan

Gunakan alat keamanan seperti pelampung dan sepatu. ApCara MAncing Lobsteralagi bagi pemancing yang tidak bisa berenang, sebaiknya jangan nekat nyebur begitu saja karena melihat gerakan ikan di sebelah selatan

Karena sangat berbahya. Selain ombak besar sewaktu waktu bisa menerjang anda, anda dapat masuk ke bagian pantai yang dalam.

Batuan karang yang cukup tajam, mewajibkan anda untuk menggunakan sepatu. Jangan lupa gunakan sepatu yang tidak licin dan tidak menyerap air.

Karena sepatu yang menyerap air akan menyulitkan anda ketika berjalan di dalam air.
Baca Juga 

Perhatikan Ombak

Sebelum mancing ngoyor, akan lebih baik mengecek keadaan ombak terlebih dahulu dan memperhatikan waktu pasang naik dan pasang surut.

Namun jangan khawatir jika ombak besar atau sedang pasang naik, karena ketika air cukup tinggi anda tidak perlu mancing ngoyor. Karena ikan panjo akan berenang tak jauh dari ttepi pantai, jadi anda dapat memancingnya sembari duduk bersantai di tepi pantai.

Jangan terlena dengan ombak yang terlihat kecil, karena ombak besar bisa saja datang tiba tiba, jadi ketika memancing usahakan berada tidak jauh dari teman anda, dan pastikan anda berada dalam posisi yang aman.



Tips Mancing Ngoyor di Pantai Sadeng

Setelah berbincang bincang bersama pemancing lokal sembari memancing di pantai Sadeng. Ada beberapa tips yang kailbayu dapatkan dari para pemancing di Sadeng.

Untuk berburu ikan Cendro atau Panjo, Umpan palsu maupun umpan alami dapat digunakan, namun umpan alami lebih efektif.

Umpan yang paling di sukai ikan Panjo adalah ikan teri yang masih segar. Umumnya pemancing menjala ikan teri di dermaga Pantai Sadeng terlbih dahulu.

Umpan palsu dapat digunakan, namun kurang efektif, hal ini di karenakan mulut ikan cendro yang panjang, lancip dan keras, sehingga kail atau treeble hook sangat sulit untuk menancap.

Sekalipun kail berhasil menancap di mulut ikan panjo, resiko mocel atau ikan terlepas pun sangat besar.

Selain itu, kata beliau, tidak setiap saat ikan cendro atau panjo mau menyambar umpan.

Teknik Mancing Ikan Cendro alias Panjo

Untuk mancing ikan cendro gunakan mata kail nomer 5 sampai dengan tujuh, sesuaikan dengan ukuran umpan dan ikan panjo yang akan kita pancing. Ikan teri yang paling pas digunakan adalah ikan teri sebesar jempol orang dewasa.

Jadi anda dapat melempar ikan teri dengan jauh dan ukuran tersebut tidak terlalu besar untuk masuk ke mulut ikan panjo.

Selanjutnya ukuran senar, para pemancing panjo biasanya menggunakan senar monoline berukuran 0,25 mm hingga 0, 30 mm.

Senar terlalu kecil akan sangat rawan putus, karena gigi ikan panjo cukup tajam dan akan dengan mudah memutus senar anda. Menggunakan senar terlalu besar pun kurang bagus, karena anda akan kesulitan menjangkau ikan panjo yang berenang cukup jauh dari anda.

Oiya, ikan panjo berenang tak jauh dari permukaan air, jadi anda dapat  menggunakan pelampung pada rangkaian pancing anda agar umpan selalu berada di permukaan air.

Namun, akan lebih efektif ketika anda tidak menggunakan pelampung maupun pemberat di rangkaian anda. Jadi untuk menjaga agar umpan tetap di permukaan, anda dapat menggulung reel anda secara berkala.

Dengan teknik ini, umpan anda akan bergerak terus dan menarik perhatian ikan panjo yang melihatnya.

Selanjutnya teknik yang cukup penting adalah saat menghentak joran anda, waktu dan timing  anda sangat menentukan keberhasilan hook up.



Jadi saat umpan disambar oleh ikan Cendro, sedikit bersabarlah dengan memberikan waktu beberapa detik untuk ikan Cendro menelan umpan yang anda hidangkan.

Karena kail sangat sulit untuk menancap pada mulut ikan, sehingga akan lebih baik jika umpan dibiarkan tertelan terlebih dahulu.

Jangan lupa setting drag reel yang anda gunakan sesuai dengan kekuatan senar. Karena begitu di hentak ikan panjo akan bereaksi dengan menarik cukup kencang dan melompat kesana kemari.

Jangan biarkan senar anda kendor sedikitpun, senar kendor sedikit saja akan membuat kesempatan ikan panjo lolos terbuka lebar. Ketika senar kendor, ikan Panjo dapat dengan mudah memotong senar anda menggunakan giginya yang tajam.

Nah penasaran ingin mancing di Sadeng?


Safety first!

0 Response to "Berburu Cendro sembari Ngoyor di Pantai Sadeng"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *