Mari Tebar Benih Ikan

Mari Tebar Benih!

Halo kawan kailbayu.... untuk kali ini kailbayu tidak berbagi tips memancing maupun resep umpan, namun kali ini kailbayu akan mengajak kawan semua untuk ikut berpartisipasi menjaga kelestarian alam dengan tindakan nyata.

Mari Tebar Benih Ikan  . jaga kelestarian ekosistem disungai
Komunitas Mancing KUlon Progo (MKP) tebar benh di Dam Pekik Jamal
Ya, TEBAR BENIH!

Kenapa sih harus tebar benih atau tebar bibit ikan?

Seperti yang kita ketahui , ikan saat ini sudah tidak seperti dahulu lagi. Jangankan ikan berukuran besar, beberapa jenis ikan bahkan sudah sulit didapat.

Apalagi dengan maraknya penangkapan ikan secara ilegal dan merusak alam seperti penggunaan alat setrum, racun atau potas dan bom ikan. penangkapan ikan dengan cara tersebut sudah merusak alam dan membuat ikan akan punah.

Maka dari itu, dengan tindakan nyata, yakni tebar benih ikan kita sudah ikut berpartisipasi dalam melestarikan alam kita.

Jangan sampai ikan di sungai sungai atau waduk kita habis. Jika ikan di sungai, waduk, danau dsb banyak bukan kah juga kita sendiri yang akan mendapat manfaatnya?

Jika banyak ikan, tentunya tidak perlu lagi bingung mencari spot memancingkan?

Berapa sih harga bibit ikan?

Untuk jenis ikan lokal seperti ikan melem, braskap, tawes dan lain lain 50 ribu sudah dapat ratusan bahkan ribuan ekor. Tentunya harga tersebut dapat berubah sewaktu waktu dan juga tempat membeli ya. Selain itu harga juga berbeda untuk setiap jenis ikan.

Yang pasti 50 ribu sudah dapat banyak banget.

Coba bayangkan jika anda menabung seribu rupiah per hari, seribu rupiah saja. Lalu anda kumpulkan satu bulan. Anda sudah dapat membeli bibit ikan cukup banyak.

Apa lagi jika anda tebar benih bersama tetangga , teman anda, teman mancing anda. Tentunya dengan seribu sehari, dalam sebulan anda dan teman teman anda sudah dapat menebar benih ikan ribuan bahkan jutaan ekor kan?

Lalu jenis ikan apa yang sebaiknya di release ke alam?

Jenis ikan endemik atau ikan lokal sangat di sarankan. Selain untuk menjaga keanekaragaman ikan, jenis jenis ikan lokal umumnya ramah satu sama lain. Ramah bagaimana maksudnya?

Jadi gini lho, jenis ikan dari luar banyak sekali yang merupakan ikan predator, seperti red devil dan aligator. Ikan ikan seperti itu malah akan merusak ekosistem.

Ikan ikan tersebut dapat berkembang biak dengan cepat dan memangsa spesies lokal. Jadi cukup berbahaya jika hanya asal release ikan.
Baca Juga
Stop Penggunaan Alat Setrum untuk Mencari Ikan

Ikan yang merupakan spesies lokal pulau Jawa antara lain ikan melem, ikan wader, ikan bader, ikan derbang, ikan kepek, ikan uceng dan masih banyak lainya.

Oiya jika anda hendak merilis bibit ikan, biarkan ikan beradaptasi dengan suhu air di tempat anda akan merilis ikan. yakni dengan cara mendiamkan plastik tempat bibit ikan anda di air selama beberapa saat, lalu buka plastik tersbut. Biarkan ikan keluar dari plastik secara perlahan.

Jika anda menggunakan ember, sama saja kok. yang terpenting hindari memasukan ikan secara langsung tanpa adaptasi, agar saat ikan kelua ke alam bebas dalam keadaan sehat.

Simple bukan? Tunggu apa lagi mari kita budayakan tebar benih!

Jika anda setuju dengan artikel ini, silahkan share ke kawan kawan anda. Supaya semakin banyak yang tebar benih ikan.


Jika ada tambahan atau koreksi ditulis dalam komentar ya.

0 Response to "Mari Tebar Benih Ikan "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *