Ikan Monster yang Dapat di Pancing di Pulau Jawa



Pengen mancing ikan monster?

Dalam artikel kali ini, yang dimaksud dengan ikan monster adalah ikan ikan berukuran besar.

Pada umumnya, para pemancing berfikir, ikan ikan berukuran besar hanya dapat dipancing di luar pulau Jawa seperti di kalimantan, Sumatera dan Papua.

Namun tahukah anda jika ikan ikan monster masih dapat dipancing di Pulau Jawa?

Langsung saja, berikut ini Kailbayu sudah merangkum beberapa jenis ikan berukuran monster yang dapat anda pancing di pulau Jawa.

Ikan Lele

Siapa sih yang tidak tahu ikan lele? Ikan berkumis satu ini bisa tumbuh hingga memiliki bobot hingga puluhan kilogram lho.

Ikan lele masih mudah dijumpai di sungai sungai, danau dan waduk di pulau Jawa. Bahkan Ikan lele juga dapat kita pancing di gorong gorong atau parit berukuran kecil.

Namun jangan salah, tidak jarang ikan lele berukuran lebih dari dua puluh kilogram ditemukan atau berhasil ditanggap di gorong gorong.

Kalau tidak percaya, bisa anda cari di google :D.

Ikan Grasscap

Ikan  grasscap atau lebih dikenal sebagai ikan braskap ini memang bukan merupakan ikan predator, melainkan ikan herbivora.

Walaupun ikan braskap dikenal sebagai ikan pemakan rumput, namun ikan ini dapat tumbuh hingga memiliki bobot lebih dari dua puluh kilogram lho.

Baca Juga

Ikan braskap dengan bobot lebih dari sepuluh kilogram berhasil di dapatkan berulang kali oleh pemancing, diantaranya di dapat ketika memancing di sungai Progo dan waduk Sermo di Yogyakarta.

Tubuhnya yang cantik mungkin tidak cocok disebut monster hehe, namun ukuran tubuhnya yang mampun tumbuh hingga besarlah yang membuat para pemancing ingin merasakan tarikan ikan braskap.

Ikan Patin

Ikan patin merupakan ikan pemakan segala atau omnivora yang dapat anda pancing di sungai, waduk dan danau di pulau Jawa.

Ikan patin dikenal sebagai ikan Konsumsi. Ikan patin yang dijual di pasaran sebagai ikan konsumsi memang rata rata hanya memiliki berat tidak lebih dari satu kilogram.

Namun tahukah anda, jika ikan patin mampu tumbuh hingga memilimi bobot lebih dari dua puluh kilogram?

Ikan patin berukuran monster masih bisa kok ditemui disungi sungai besar dan danau di pulau Jawa.

Ikan patin juga dikenal sebagai ikan jambal.

Ikan Monster yang Dapat di Pancing di Pulau Jawa
ikan Sidat


Ikan Sidat

Ikan sidat merupakan ikan yang dapat hidup di laut dan juga hidup di air tawar. Ikan sidat dewasa akan menuju muara sungai untuk berkembang biak.

Kemudian anakan ikan sidat akan berenang menuju sungai, ketika besar akan kembali lagi ke kawasan muara untuk berkembang biak.

Ikan sidat dikenal memiliki tarikan yang sangat kuat dan mampu tumbuh hingga memiliki bobot lebih dari sepuluh kilogram.

Namun jangan kaget, ikan sidat berukuran di bawah lima kilogram saja sudah cukup sulit untuk ditaklukan.

Untuk menaklukan ikan sidat umumnya para pemancing menggunakan joran kustom dengan gagang joran yang terbuat dari kayu dan joranya terbuat dari bahan fiber cukup besar dan kaku.

Tak tanggung tanggung, ukuran senarnya pun mencapai ukuran satu milimeter.

Selain itu pemancing ikan sidat juga harus memiliki mental baja, mengapa? Ikan sidat biasanya mencari makan di malam hari.


Jadi para pemancing umumnya memancing ikan sidat di malam hari dan disungai tanpa penerangan. Arena ikan sidat sangat sensitif dengan cahaya.

Ikan sidat berukuran besar dikenal dengan nama ikan Pelus atau ikan gateng.

0 Response to "Ikan Monster yang Dapat di Pancing di Pulau Jawa"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *