Jenis Kayu untuk Joran Sidatan


anda pemancing sidat? Atau ingin mancing sidat?

Sidat yang juga dikenal dengan nama lumbin, pelus, lombon, gateng, belut moa, moa dan mungkin di daerah anda memiliki  nama yang berbeda merupakan jenis ikan yang mirip dengan belut.

Kailbayu telah memposting artikel mengenai umpan dan beberapa tips mancing sidat, dalam artikel ini kailbayu akan membahas beberapa jenis kayu yang digunakan untuk membuat joran sidatan atau joran untuk mancing sidat.

Joran untuk mancing sidat cukup unik dan berbeda dengan joran pada umumnya yakni dengan ciri khas joran yang pegangan atau gagangnya terbuat dari kayu dan bahan joranya adalah fiber.

Joran sidatan didesain tanpa reelset atau tanpa tempat reel karena memang biasanya para pemancing sidat tidak menggunakan reel. Sebgai pengganti reel, para pemancing sidat menggunakan gulungan dari pipa pvc atau kayu untuk menggulung senar pancing.

Selain itu, joran sidatan juga dilengkapi tunjung dibagian bawah joran untuk menancapkan joran ke tanah.

Lalu jenis kayu apa saja yang cocok dan bagus untuk membuat joran sidatan?

Kayu Kemuning

Kayu kemuning merupakan kayu yang dianggap paling cocok digunakan untuk membuat pegangan joran sidatan. Kayu ini dipercaya ringan dan kuat serta nyaman digunakan sebagai pengangan joran.

Jadi jangan heran jika anda melihat ada yang menjual gagang joran atau jran sidat dengan bahan kayu kemuning dijual dengan harga cukup mahal. karena kayu kemuning sudah cukup langka dan menjadi incaran para pemancing sidat.
 kailbayu
Kayu Asem

Kayu asem atau sering disebut galih asem karena yang digunakan untuk membuat joran adalah galih kayu asem, menjadi salah satu pilihan utama para pemburu pelus.

Selain karena kayu asem memang dikenal kuat, kayu asem memiliki warna yang coklat tua dengan serat cukup jelas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemancing.

baca Juga

Kayu kantil

kayu kantil kayu kemuning kayu jati kayu galih asem
kayu kantil

Berbeda dengan galih asem yang berwarna hitam, kayu kantil memiliki warna putih. Kayu kantil tidak kalah istimewa untuk dibuat joran sidat. Kayu kantil cukup langka, maka dari itu banyak yang mencari kayu kantil untuk joran sidatan.
 kailbayu
Kayu Jati


Siapa yang tidak kenal kayu jati? Kayu yang dikenal denga harga yang cukup mahal ini memang tidak diragukan lagi kekuatanya untuk mengatasi tarikan ikan sidat berukuran besar.

0 Response to "Jenis Kayu untuk Joran Sidatan"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *