Jenis kayu untuk Membuat Umpan Tiruan



Memancing dengan teknik casting atau menggunakan umpan palsu kini semakin populer, bukan hanya di kalangan para pemancing laut namun juga para pemancing air tawar bahkan kolam.
 
Jenis macam kayu jati waru karater trik tips kayu umpan tiruan
 Kayu
Umpan palsu yang juga di kenal dengan sebutan artifisial bait, umpan tiruan, umpan mainan dan mungkin lebih populer disebut dengan lure dibuat dalam bentuk yang beraneka ragam dan semakin hari semakin berkembang. Kailbayu sudah membahas jenis jenis lure tersebut dalam artikel Jenis Jenis Lure (Umpan Palsu)

Memancing dengan umpan tiruan atau lure memberi sensasi lebih bagi para pemancing, apa lagi jika umpan tersebut hasil karya pemancing itu sendiri.

Maka jangan heran jika sekarang banyak pemancing menggunakan lure handmade dengan bentuk yang unik.

Apa anda juga seorang lure maker? Lure maker merupakan sebutan untuk seorang pembuat umpan tiruan.

Atau anda baru ingin mencoba membuat umpan tiruan?

Dalam artikel kali ini kailbayu akan membahas beberapa jenis kayu yang cocok untuk membuat lure. Seperti yang kita ketahui, kayu menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan para pemancing untuk membuat lure.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pemilihan jenis kayu yang akan digunakan untuk membuat lure sangatlah penting.

Mengapa demikian? Karena, setiap jenis kayu memiliki karakter atau ciri khas tersendiri. Setiap pemancing memiliki jenis kayu andalan masing masing. Dibawah ini merupakan jenis kayu yang paling sering digunakan untuk membuat lure yang mungkin akan menjadi andalan nantinya.

Langsung saja

Kayu Jati

Yang pertama kayu jati. Kayu jati merupakan kayu yang kuat, mudah dibentuk, awet dan memiliki serat yang indah. Maka jangan heran jika harga kayu jati cukup mahal.

Kayu jati yang dikenal kuat cocok untuk membuat lure umpan palsu yang akan anda gunakan untuk memancing ikan-ikan monster. Dengan lure yang terbuat dari kayu jati , tentunya anda tak perlu takut lure anda terkoyak oleh ikan yang menghajar lure anda dengan membabi buta bukan?

Kayu Mahoni

Kayu mahoni merupakan jenis kayu favorit para pemancing rockfishing, termasuk saya sendiri.

Mengapa?

Kayu mahoni dikenal sebagai kayu yang mudah didapat, kuat dan berat. Kekuatan kayu mahoni dapat diandalkan untuk mengatasi gigitan ikan predator yang kuat dan cukup tahan terhadap benturan batu karang maupun beton.

Selain itu kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki massa jenis paling berat, jadi jarak lempar lure akan lebih jauh.

Kayu Waru

kayu Waru dapat dibilang sebagai jenis kayu yang mudah dibentuk serta memiliki massa jenis ringan. Kayu waru pada umumnya digunakan untuk membuat lure untuk mancing di air tawar.

Meskipun kayu waru tak sekuat kayu mahoni dan kayu jati, kayu waru cukup kuat untuk meladeni perlawanan ikan predator air tawar.

Kayu Jati Belanda

Harga kayu jati memang mahal, oleh karena itu jika anda ingin membuat lure dengan warna kayu asli dengan garis urat yang indah silahkan menggunakan kayu jati belanda.
Kailbayu.com
Kayu jati belanda memiliki warna yang lebih cerah dari kayu jati. Selain itu kayu jati belanda lebih empuk dan mudah dibentuk, jadi hal ini akan mempermudah anda dalam membentuk lure yang anda idam-idamkan.

Dari keempat kayu diatas mana yang anda pilih? Pilihan ada ditangan anda. Hehe


Jika anda memiliki pengalaman dalam membuat lure atau ada jenis kayu lain yang cocok untuk membuat lure, silahkan anda tambahkan pada kolom komentar dibawah ini.

0 Response to "Jenis kayu untuk Membuat Umpan Tiruan"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *