Spoon, Umpan Tiruan Serbaguna


cas
Jika anda seorang caster mungkin sudah tidak asing dengan umpan tiruan atau lure jenis spoon. Spoon merupakan umpan tiruan serbaguna. Mengapa saya katakan serbaguna? Karena spoon dapat digunakan untuk memancing di segala spot dan dapat digunakan untuk umpan mancing berbagai jenis ikan.
 
umpan casting di laut tiruan palsu di air tawar sungai
spoon di mulut ikan
Jadi jika anda seorang caster, selalu bawa umpan spoon di tas anda ketika memancing. spoon dapat digunakan untuk memancing di laut, disungai, rawa, danau, baik perairan dengan air deras maupun perairan tak berarus. Ya itulah keistimewaan spoon, dapat juga di hunakan diperairan dangkal maupun perairan yang cukup dalam. bahkan spoon dapat digunakan untuk memancing dari ketinggian atau rock fishing.

 Umpan spoon di temukan? Awalnya ikan spoon di buat untuk mancing ikan trout dan ikan bass di Amerika. Umpan spoon ditemukan pertama kali oleh Julio T Buel pada tahun1848. Namun, kini karena keistmewaan diatas tadi, umpan spoon sangat populer.

Umpan tiruan jenis ini disebut dengan spoon karena bentuk dasar dari umpan tiruan ini berbentuk kepala sendok. Namun kini bentuk spoon sangat beraneka ragam, seiring perkembangan dan penyebaranya, banyak pemancing yang membuat umpan spoon sesuai keinginan mereka.

Pada dasarnya spoon memiliki action berputar. Warna cerah dan mengkilat menjadi pilihan utama para pemancing dalam memilih warna lure. Mengapa demikian? Dengan warna yang mengkilat dan action yang berputar, spoon akan mengeluarkan atau memantulkan cahaya matahari dengan gemerlap.  Cahaya gemerlap itulah yang diharapkan mampu menarik perhatian ikan sehingga mau menyambarnya. Tapi tahukah anda? Sebenarnya dahulu warna spoon pada umumnya merah dan putih. Namun jika sekarang anda pergi ke toko pancing untuk membeli spoon,  umumnya warna spoon yang tersedia adalah merah dan putih.

spoon juga dapat anda padukan dengan umpan jenis lainya lho. Banyak spoon yang di padukan dengan bulu bulu atau soft lure. Tips jika anda akan menggunakan spoon untuk berburu ikan target denga gigi tajam seperti ikan giant travelly sebaiknya di beri neklin atau kawat sebelum disambung dengan leader. Apalagi jika mulut ikan target cukup panjang seperti ikan tenggiri. Pemberian kawat neklin akan mencegah putusnya senar karena gigitan ikan.
baca juga: 


anda dapat menggunakan treble hook pada spoon. Namun karena action lure yang berputar putar, sebenarnya penggunaan single hook sudah cukup. Selain itu action lure lebih bagus jika menggunakan single hook. Para caster air tawar biasanya menggunakan single hook untuk casting ikan hampala atau ikan masher di sungai.

jika anda mancing ikan gabus dan ikan gabus tidak mau makan umpan namun terlihat mengambang di depan anda. Cobalah masukkan spoon kedalam air pelan pelan  dan sembari diputar putar di depan ikan gabus . Biasanya ikan gabus akan menyambar spoon, apalagi jika pantulan cahaya dari spoon sangat terang dan gemerlap.


Tertarik menggunakan umpan jenis spoon? Anda bisa membuatnya sendiri lho. Cara paling mudah membuat spoon adalah menggunakan sendok. Baca selengkapnya di Cara Mebuat Spoon dari Sendok 

0 Response to "Spoon, Umpan Tiruan Serbaguna"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *